× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

3 Mindset Ini yang Menghambat Seseorang Berwirausaha

Majels Syahid   13 April 2018 12:01

News

Majels.com – Banyak orang yang merasa khawatir, ragu-ragu atau bahkan takut dalam memulai usaha. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang menyebabkan seseorang menjadi tak kunjung memulai usaha. Sementara, ada juga yang tanpa berpikir panjang, langsung memulai dan menjalankan ide usaha. Ada yang berhasil, ada pula yang gagal karena kurang persiapan.

Sementara itu, terdapat juga pola pikir yang salah sehingga menyebabkan seseorang tak kunjung menjadi seorang pengusaha. Pola pikir ini jika dibiarkan begitu saja, justru akan sangat berbahaya, apapun itu karir Anda ke depannya. Berikut merupakan 5 pola pikir atau mindset yang menghambat seseorang berwirausaha.

Gengsi

Gengsi merupakan faktor yang kerap menghambat seseorang menjadi sukses, tak hanya sebagai wirausahawan sebenarnya. Menjadi seorang wirausaha, apalagi pemula tentu tidak akan dipandang mewah oleh masyarakat, bahkan misalkan pendapatannya pun lebih besar daripada gaji pegawai kantoran pemula.

Bila Anda hanya mengikuti gengsi saja, maka hidup Anda mungkin tidak pernah ada kemajuan. Tak perlu memikirkan apa yang dikatakan orang lain, karena mereka baru akan memuji bila Anda sudah membuktikannya. Misalnya, mungkin Anda ragu dan tidak percaya, bagaimana mungkin jangkrik bisa memberikan penghidupan yang layak bagi seorang pengusaha jangkrik. Padahal, omzet yang bisa didapatkan dari bisnis bisa mencapai ratusan juta rupiah!

Sukses Tanpa Kendala

Mindset seperti ini juga merupakan mindset yang salah. Dalam hidup, tantangan akan selalu menghadang. Tujuannya yaitu untuk menguji kompetensi diri kita sendiri. Ibaratkan sekolah, setelah mengikuti pelajaran selama beberapa tahap, pasti kita diuji untuk mendapatkan kenaikan kelas yang lebih tinggi. Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih begitu saja.

Dalam berbisnis juga sama. Anda mungkin pernah berpikir bahwa dengan membeli sebuah franchise, Anda dengan serta merta mendapatkan kesuksesan dari bisnis tersebut. Secara teori, mungkin saja iya. Dengan membeli franchise, kita tidak perlu memikirkan stock bahan baku, branding, promosi dan sebagainya. Tetapi, dalam implementasinya, kita akan dihadapkan pada menurunnya daya beli masyarakat, munculnya kompetitor yang sejenis, atau bahkan berakhirnya tren produk tersebut.

Punya Skill Tapi Tak Pernah Digali

Di dalam diri, Anda sepenuhnya menyadari ada bakat yang terpendam, di mana bakat tersebut Anda yakini dapat menghasilkan uang. Namun, Anda tak pernah dengan sungguh-sungguh untuk mengasah keahlian tersebut. Akibatnya, Anda akan terjebak dengan angan-angan, jika saya begini maka begini dan seterusnya.

Mulai asah bakatmu dan mulai memonetize bakatmu itu. Misalnya, bila Anda menyadari bahwa Anda punya bakat pada desain grafis, mulailah dengan membuka jasa desain undangan dan merchandise misalnya.  Mampu menghasilkan uang dari hal yang kita sukai merupakan sebuah keberuntungan dalam hidup.

Foto: Unplash

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09