× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

3 Tantangan yang Harus Dikalahkan Pengusaha Wanita

Majels Syahid   21 March 2018 10:19

News

Majels.com – Perempuan pada zaman modern ini semakin menunjukkan peranan yang penting dalam berbagai bidang. Bila pada zaman dahulu, perempuan masih sebatas mengurusi suami dan anak di rumah, perempuan pada zaman sekarang sudah menjalani profesi-profesi seperti layaknya laki-laki. Bahkan, tak sedikit pula yang akhirnya menjadi seorang pemimpin, entah itu di instansi pemerintahan, perusahaan, bahkan menjalani bisnis sendiri.

Sebut saja nama-nama perempuan di Indonesia seperti Diajeng Lestari (pendiri Hijup), Putri Tanjung (Anak Chairul Tanjung yang mendirikan Event Organizer di usia 15 tahun) dan artis Zaskia Adya Mecca dengan brand Mecchanismnya.  Mereka adalah tokoh-tokoh wanita inspiratif yang menjalani bisnis sekaligus menjalankan perannya sebagai seorang wanita, bahkan sambil mengurus anak seperti Zaskia dan Diajeng Lestari.

Dalam dunia bisnis, wanita sesungguhnya memiliki karakter yang dibutuhkan untuk menjalankan roda perusahaan yaitu detail oriented. Wanita cenderung memiliki kepekaan terhadap hal-hal detail. Ini penting mengingat setiap keputusan seharusnya didasarkan pada data-data dan analisis yang tepat. Namun, wanita juga memiliki sejumlah tantangan yang mungkin tidak dialami oleh laki-laki saat menjadi pemimpin di sebuah perusahaan atau bisnis.

Berikut lima tantangan yang harus dikalahkan oleh wanita bila ingin menjadi pengusaha yang sukses.

Peran Ganda Sebagai Pebisnis dan Sebagai Seorang Wanita

Setinggi apapun karier seorang wanita, tetap harus memahami kodratnya sebagai seorang wanita yang kelak akan menjadi ibu dari anak-anak dan isteri dari sang suami. Beda halnya bila laki-laki, tugas mencari nafkah merupakan tugasnya, sementara anak-anak dibebankan kepada isteri. Bila Anda adalah seorang wanita yang saat ini belum bersuami, sangat tepat bila memulai bisnis sedini mungkin.

Anda masih belum terlalu dibebani dengan tugas ibu rumah tangga yang bisa saja menghambat proses bisnis. Harapannya, ketika Anda sudah bersuami, bisnis yang Anda jalani saat ini sudah berjalan dengan lancer sehingga Anda tetap menghasilkan uang namun tak menggangu kewajiban Anda sebagai seorang isteri.

Baca juga:

Kesiapan Mental yang Kurang

Berbeda dengan laki-laki yang memiliki mental kuat seperti kodratnya untuk menghidupi anak dan isteri, wanita cenderung memiliki mental yang lembut dan tidak sekuat laki-laki. Dalam dunia bisnis, faktor mental menjadi faktor yang cukup krusial. Sewaktu-waktu Anda akan berhadapan dengan kemungkinan-kemungkinan buruk seperti ditipu oleh rekan bisnis, mengalami kerugian, atau kalah dalam persaingan. Semua itu membutuhkan ketenangan dalam masa-masa yang sulit.

Bukan saja tenang, seorang pengusaha nantinya diharuskan untuk mengambil keputusan dalam masa-masa seperti ini. Bila salah mengambil keputusan, terkadang keadaan menjadi lebih buruk. Dalam hal ini, wanita dituntut untuk menguatkan mentalnya seperti laki-laki, tetap tenang, dan mampu berpikir dengan logis sehingga menghasilkan keputusan-keputusan yang tepat.

Terlalu Menggunakan Perasaan

Seperti yang kita tahu, wanita cenderung menggunakan perasaannya dalam mengambil keputusan. Hal ini yang sebenarnya tidak baik bila diterapkan dalam bisnis. Setiap keputusan harusnya didasari oleh pemikiran yang jernih, berdasarkan data dan fakta di lapangan. Untuk Anda seorang pebisnis wanita, sebaiknya mulai mampu mengelola unsur perasaan ini agar jangan sampai terlalu memengaruhi Anda dalam mengambil keputusan.

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus tetap tegas bahkan keras terhadap pendirian. Seringkali wanita gamang mengambil keputusan tidak enak, atau perasaan-perasaan lain yang sebetulnya tidak perlu. Terlalu mengambil keputusan juga berimbas pada “dilemma” yang memperlama proses pengambilan keputusan. Padahal, misalnya, keputusan tersebut harus diambil dengan segera. (teks:syahid)

Gambar: Tribunnews

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09