× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

3 Tren Digital Marketing yang Sebaiknya Anda Kembangkan di 2018

Majels Syahid   01 March 2018 16:43

News

Majels.com – Digital marketing menjadi sesuatu yang tak bisa dilepaskan dari startegi bisnis untuk hampir semua jenis usaha. Dari mulai Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun korporat besar yang sudah mapan dengan jaringan distribusinya. Semua, harus menyesuaikan dengan perilaku konsumen yang semakin cenderung ke arah digital.

Digital marketing sendiri sesungguhnya memiliki ruang lingkup yang besar, kompleks dan dinamis. Dinamika digital marketing terus berubah seiring dengan munculnya fitur-fitur baru di berbagai platform serta perkembangan teknologi baru.

Mulai Kembangkan Konten Video

Video masih menjadi sarana yang efektif dalam mengkampanyekan produk. Melalui video, Anda bisa mengenalkan detail produk, cerita dibalik pembuatannya, atau manfaat yang bisa diperoleh dari produk dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh konsumen. Berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh Tubular Insight, sebanyak 64 persen orang memutuskan untuk membeli produk setelah mereka menonton video promosi yang mereka tonton di media sosial.

Untuk menciptakan video marketing yang menarik dan berimbas pada meningkatkannya penjualan atau tujuan marketing Anda, ada baiknya bila Anda terlebih dahulu mempelajari perilaku konsumen yang dituju. Video yang menarik, tidak harus didominasi oleh unsur promosi yang kental, tetapi sebaiknya lebih mengendepankan nilai dan pesan.

Manfaatkan Fitur Stories

Instagram, tahun lalu merilis fitur Stories yang memungkinkan penggunanya berbagai foto atau video yang akan hilang dalam 24 jam. Dengan batas waktu tayang konten tersebut, pengguna cenderung merasa bebas membagikan apapun yang mereka mau tanpa pusing memperhatikan feed atau timeline seperti sebelumnya.

Fitur Stories tersebut juga menjadi fitur yang efektif bagi pelaku usaha untuk lebih mengenalkan brand mereka kepada pengguna media sosial. Kita bisa bercerita tentang bagaimana proses pembuatan produk, mengenalkan promo terbaru, atau menyangkan aktivitas toko offline kita di Instagram Stories.  Stories juga menjadi fitur yang efektif untuk berinteraksi dengan pengguna. Anda bisa membuat pertanyaan atau membuat polling sederhana.

Tingkatkan Pelayanan dengan Chatbot

Teknologi chatbot atau pesan dua arah antara akun bisnis dengan konsumen secara otomatis semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Bila sebelumnya Line sudah terlebih dahulu mengembangkan fitur ini, layanan pesan singkat WhatsApp pun juga menyusul. Awal tahun ini, mereka secara resmi meluncurkan Whatsapp Bisnis yang didalamnya terdapat fitur Chatbot.

Chatbot dikembangkan untuk mendukung layanan customer service yang akan melayani kebutuhan konsumen dengan cepat seperti menjelaskan informasi produk yang umum ditanyakan. Bahkan, chatbot juga bisa dikembangkan untuk layanan transaksi yang lebih kompleks lagi. (teks:syahid)

Gambar: cdn.wccftech.com

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09