× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

5 Contoh Peluang Usaha Dari Barang Bekas

Majels Syahid   16 April 2018 11:45

News

Majels.com – Barang bekas tak selamanya harus berakhir di tempat pembuangan sampah. Bisa jadi, barang bekas dapat mendatangkan keuntungan finansial yang lumayan bila kita jeli memanfaatkannya. Asalkan ada kemauan dan daya kreativitas, kita bisa menjadikan barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

Yang paling mudah tentu saja menjadi pengepul barang-barang bekas untuk kemudian dipilah-pilah berdasarkan jenisnya. Aneka botol dan plastik yang bisa didaur ulang bisa kita jual dan mendatangkan omzet yang lumayan. Berbeda dengan pengepul, peluang usaha di bawah ini menggunakan kreativitasnya untuk mengubah barang bekas menjadi produk jadi yang punya daya jual.

Simak 5 contoh peluang usaha dari barang bekas berikut ini.

Drum Bekas jadi Meja dan Kursi

Siapa sangka bila drum bekas bisa juga diolah menjadi aneka furniture yang cantik seperti ini. Dengan sedikit kreativitas, drum tersebut bisa diolah menjadi meja dan kursi yang cantik setelah semua permukaannya dibersihkan. Setelah itu, dipotong tengahnya dan menjadikan potongan itu sebagai sandaran kursi.

Dengan warna-warna yang cantik, drum yang tadinya hanya sampah yang tidak berguna menjadi barang yang selain punya nilai fungsi juga bernilai seni tinggi. Segmentasi pasarnya cukup banyak, mulai dari orang yang gemar mengoleksi barang antik, kafe sampai rumah makan membutuhkan furniture semacam ini. Selain drum, Anda pun bisa menggunakan barang bekas lain seperti ban mobil.

Botol Kaleng Jadi Aneka Miniatur

Bagi banyak orang mungkin langsung saja membuang botol minuman kaleng setelah isinya habis diminum. Namun, dengan kreativitas tinggi, botol minuman kaleng tersebut bisa menjadi barang bernila seni tinggi seperti miniatur sepeda motor gede (moge) di atas.

Sekilas, proses pembuatannya memang sulit, kita harus bisa membuat rancangan sepeda motornya, memotong-motong kaleng yang cukup keras tersebut dengan gunting khusus lalu menggabungkannya menjadi bentuk yang diinginkan. Anda pun bisa melakukannya. Mungkin tidak harus motor, bentuk lain bisa Anda coba kreasikan sendiri.

Koran Bekas Jadi Pot Tanaman

Koran bekas mungkin bagi sebagian orang hanya bisa menjadi bungkus gorengan atau dijual ke pengepul untuk didaur ulang. Namun, dengan sedikit kreativitas, koran-koran bekas ini bisa dipilin menjadi batangan-batangan yang kuat untuk kemudian disatukan menjadi bentuk baru seperti pot bunga. Bukan hanya pot bunga, bentuk lain pun bisa dibuat dengan gulungan koran-koran ini.

Berbeda dengan drum yang membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup besar untuk mengolahnya, kerajinan dari koran ini sangat cocok dilakukan ibu-ibu rumah tangga atau remaja putri untuk menambah penghasilan. Kuncinya adalah kesabaran kreativitas.

Boneka dari Kain Perca

Kain perca merupakan kain sisa guntingan ketika menjahit sesuatu seperti menjahit baju. Kain sisa ini banyak sekali karena dalam proses pembuatan pakaian pasti menyisakan kain-kain yang tidak terpakai. Kain perca sejak dahulu sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan salah satunya adalah boneka.

Dengan menggabungkan beberapa potongan kain yang bermotif berbeda, boneka dari kain perca justru menghasilkan sesuatu yang unik. Meskipun terbuat dari kain bekas, bukan berarti boneka ini menjadi tak menarik. Justru karena keunikannya itulah yang membuat boneka dari kain perca menjadi bernilai.

Kardus Usang Jadi Lampu Menawan

Kardus juga menjadi barang yang kerap dibuang saat pemakaiannya sudah selesai. Seperti koran atau botol plastik, kardus juga punya daya jual tinggi bila diserahkan ke pengepul barang bekas untuk didaur ulang. Dengan sentuhan tangan yang kreatif, kardus dapat diolah menjadi barang yang unik seperti lampu pada gambar di atas.

Sisi samping dan bawah kardus yang dilubagi itu memunculkan kesan yang indah ketika lampu yang ada di dalamnya dinyalan. Proses pembuatannya tidaklah sulit, namun membutuhkan konsep yang matang agar terlihat elok. (teks:syahid)

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09