web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

#HowTo

5 Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membuka Kafe

Majels Syahid   28 November 2017 15:19

Franchise

Majels.com - Pergi ke kafe sudah menjadi gaya hidup tersendiri terutama bagi masyarakat perkotaan. Bukan saja untuk mencari makanan yang enak, kafe juga kerap kali dijadikan tempat untuk berkumpul bersama teman atau rekan bisnis. Berbisnis di bidang ini memiliki prospek keuntungan yang menggiurkan. Namun, berbisnis ini juga mengandung resiko yang cukup besar pula karena biaya investasi yang dikeluarkan tidaklah sedikit.  Simaklah beberapa tips dalam menjalankan bisnis kafe berikut ini.

1. Target Pasar yang Jelas

Sebelum mendirikan usaha kafe, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu siapa target pasar kafenya. Hal ini akan berpengaruh pada jenis makanan dan minuman yang ditawarkan, lokasi kafe, hingga konsep kafe itu sendiri. Tentukan target pasar yang jelas, apakah itu mahasiswa, karyawan swasta atau yang lainnya.

 2. Lokasi yang Tepat

Carilah lokasi yang tepat, yang banyak dilalui oleh orang-orang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemilihan lokasi ini mempertimbangkan juga siapa segmentasi pasar yang anda targetkan. Bila target pasar Anda adalah mahasiswa, maka carilah yang dekat dengan kampus. Mahasiswa biasanya banyak menghabiskan waktu di kafe untuk sekadar nongkrong, atau berdiskusi seputar tugas kuliah.

3. Desain Kafe yang Nyaman dan Unik

Pengunjung yang datang ke kafe bukan hanya untuk makan atau minum saja, melainkan untuk berkumpul atau berdiskusi. Oleh karenanya, desain interior kafe harus dibuat senyaman mungkin agar pengunjung betah dan kembali lagi di lain waktu. Sekarang ini, kafe-kafe bukan saja dituntut untuk dibuat senyaman mungkin tetapi juga memiliki spot foto yang menarik. Di zaman yang serba media sosial seperti sekarang ini, orang memiliki kecenderungan untuk membagikan hal-hal menarik mereka di suatu tempat ke Instagram.

4. Lakukan Inovasi pada Menu

Inovasi pada makanan perlu dilakukan secara berkala agar pengunjung tidak merasa bosan dengan menu yang disajikan. Dengan memberikan menu-menu yang baru secara berkala kemungkinan pengunjung untuk datang lagi ke kafe Anda menjadi tinggi karena mereka akan penasaran dengan menu-menu baru yang Anda sajikan

5. Promosi yang Tepat

Hal yang tidak boleh dikesampingkan dalam merintis sebuah kafe adalah promosi. Mau tidak mau Anda harus menggarkan sejumlah dana untuk mempromosikan kafe baru tersebut. Promosi baiknya dilakukan melalui berbagai media baik secara konvesional seperti  spanduk dan flayer, atau melalui media sosial dan website. (teks:syahid)

Gambar : jalan2kejepang.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09