× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

5 Trik Agar Bisa Menjadi Top Seller di Bukalapak

Majels Syahid   23 February 2018 17:53

News

Majels.com – Kehadiran online marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia terbukti sangat membantu pelaku usaha khususnya UKM dalam meningkatkan penjualan mereka. Kendala pemasaran yang umumnya terbatas pada lokasi-lokasi tertentu kini sudah bisa diatasi dengan hadirnya platform marketplace.

Memasarkan produk di platform marketplace seperti Bukalapak memiliki sejumlah keuntungan. Pertama, kita akan dipertemukan dengan orang-orang di internet yang memang sedang mencari dan berniat membeli sebuah produk. Berbeda dengan halnya bila Anda memasarkan di media sosial, pengguna media sosial mungkin sangat banyak, bahkan mencapai jutaan orang namun kita tak benar-benar tahu berapa orang yang berniat membeli sesuatu.

Namun, meskipun berjualan di marketplace terlihat mudah, murah dan efektif sejatinya itu bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa alasan bagi konsumen ketika memutuskan untuk membeli sesuatu pada sebuah toko di marketplace. Yang paling umum, konsumen akan mencari berdasarkan rating dari si penjual, atau ia yang berada sebagai top seller.

Bila Anda ingin menjadi top seller di Bukalapak, atau di platform ecommerece lainnya, lakukanlah 10 hal berikut ini.

1. Upload Foto Sebaik Mungkin

Upload foto produk Anda sebanyak mungkin sehingga pembeli bisa memiliki lebih banyak pilihan. Usahakan bila setiap produk dipotret dari beberapa sisi sehingga pembeli juga memiliki gambaran yang lebih jelas.

Bila Anda serius dalam berbinis di media sosial, Anda juga sebaiknya mulai mempelajari dasar-dasar fotografi terutama fotografi produk. Anda bisa membeli mini studio untuk memotret barang-barang kecil seperti jam tangan atau produk kecil lainnya. Sebenarnya, Anda bisa membuat mini studio ini dengan perlatan sederhana seperti kardus, kertas, dan lampu.

Pengunjung website ecommerce akan disuguhi oleh puluhan bahkan ratusan produk yang serupa dengan Anda dari berbagai toko online yang tersedia di sana. Bila Anda berhasil membuat foto produk yang menarik dan terkesan profesional, pasti pembeli akan mengunjungi toko Anda.

2. Buatlah Deskripsi Yang Sejelas-Jelasnya

Buatlah deskripsi produk yang sejelas mungkin, jangan setengah-setengah. Hal ini juga secara tidak langsung menunjukkan keseriusan seller dalam menjual produknya. Buatlah deskripsi yang detail, dan jangan menimbulkan pertanyaan baru bagi buyer.

Deskripsi produk juga harus dibuat sejelas-jelasnya agar konsumen tak perlu bertanya-tanya lagi. Selain itu, penting juga untuk menghindari kesalah pahaman.

3. Responsif

Sistem di platform ecommerce menilai seberapa cepat Anda dalam merespon permintaan dari konsumen. Konsumen sering kali bertanya banyak sekali sebelum akhirnya membeli. Sebagai seorang seller, Anda wajib untuk melayani mereka dengan baik.

Mungkin, bila buyer membeli produk di malam hari, mereka bisa memaklumi bila respon yang Anda berikan lambat, namun ketika mereka bertransaksi di jam-jam kerja, biasanya mereka menuntut cepat.

Menggunakan bahasa baik, benar dan sopan. Jika Anda adalah seorang Seller, ketika ada Buyer yang bertanya-tanya tentang produk sangat dianjurkan untuk menjawab pertanyaan Buyer sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan ada singkatan-singkatan seperti saat melakukan chatting atau sms dengan teman dekat Anda sendiri.

4. After Sales

After sales, Untuk meningkatkan pelayanan yang baik, layanan setelah penjualan sangatlah penting. Terutama jika seorang Seller menjual barang yang memiliki layanan servie garansi produk. Tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi pembeli sebelumnya. Jika mereka mendapatkan pelayanan yang maksimal dari Seller, tentu ini sangat memungkinkan Buyer akan merekomendasikan Anda sebagai Seller kepada rekan-rekan dari Buyer tersebut.

5. Sering melakukan push.

Fitur push pada Bukalapak digunakan untuk mempromosikan barang sehingga berada di posisi pertama di halaman daftar barang ataupun berdasarkan pencarian by relevansi. Untuk menggunakannya : Fitur push hanya bisa dibayar dengan saldo BukaDompet. Harga untuk satu push adalah Rp 1.000

Bukalapak menawarkan fitur Paket Push dengan harga lebih murah. Harga paket push sebagai berikut

Paket 50 dengan jumlah 50 push seharga Rp. 25.000

Paket 100 dengan jumlah 100 push seharga Rp. 50.000

Paket 250 dengan jumlah 250 push seharga Rp. 100.000

Paket 500 dengan jumlah 500 push seharga Rp. 200.000

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09