× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

7 Fungsi Pemasaran yang UKM Wajib Tahu

Majels Syahid   01 March 2018 11:15

News

Majels.com – Dalam dunia bisnis, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis adalah pemasaran. Tanpa mengesampingkan kualitas produk yang memang harus tetap jadi perhatian utama, pemasaran juga memiliki peranan yang sangat besar. Produk bagus tak akan bisa berkembang bila tidak dibarengi dengan usaha pemasaran yang efektif.

Menurut pengertian dari William J Stanton, pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis untuk merencakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Sementara itu, menurut American Marketing Association pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan, rencana penerapan harga, promosi dan distribusi dari ide-ide, barang-barang, dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasional.

Secara umum, pemasaran memiliki dua fungsi yaitu membentuk citra perusahaan, kedua mencapai target pernjualan tertentu. Untuk mencapai target tersebut, terdapat detail fungsi-fungsi dari pemasaran yang sebaiknya Anda ketahui. Fungsi tersebut berkaitan dengan proses produksi dari hilir ke hulu, dari pra produksi hingga barang sampai di tangan pembeli.

1. Analisis Konsumen

Proses pemasaran berperan dalam riset pasar untuk mengetahui sejauh mana sebuah produk dapat diterima oleh masyarakat. Analisis konsumen ini melibatkan peninjauan terhadap konsumen, menganalisis data dan perilaku konsumen, mengevaluasi lokasi usaha, sampai sebagai bahan pengembangan strategi perusahaan ke depannya.

Karena itulah data-data penjualan perlu dicatat dengan baik sehingga bisa menjadi bahan analisis untuk peningkatan strategi perusahaan ke depannya.

2. Penjualan Produk dan Jasa

Fungsi penjualan produk maupun jasa sebenarnya merupakan fungsi utama dari pemasaran. Di sinilah letak keberhasilan kegiatan pemasaran bisa dinilai, apakah sesuai dengan target pemasaran atau tidak. Dalam prakteknya, untuk mencapai target penjualan, kita bisa mengguakan beberapa metode pemasaran sekaligus.

Misalnya bila dilihat dari platfromnya, bisa secara online maupun offline. Dari segi pembayaran agar memudahkan konsumen membeli barang dari kita bisa menggunakan sistem kredit dengan bunga tertentu misalnya.

3. Perencanaan

Pada proses peluncuran produk baru diperlukan perencanaan produk atau jasa yang meliputi berbagai aktivitas seperti uji pemasaran, pemosisian produk dan merek, pemanfaatan garansi, pengemasan, penentuan pilihan produk, fitur produk, gaya produk, kualitas produk, penghapusan produk lama, dan penyediaan layanan konsumen.

Dalam perencaan produk, uji pemasaran lah yang merupakan cara yang efektif dalam mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan sebuah produk. Bagi perusahaan, uji pasar ini merupakan saran bagi mereka untuk menguji rencana-rencana pemasaran alternative serta meramalkan penjualan produk baru.

4. Penetapan Produk dan Harga

Produk yang telah dilucurkan tentu saja sudah melewati proses perencanaan dan riset pasar. Namun, setelah produk diproduksi secara masal bisa jadi masih belum memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

Pada tahap ini, pemasaran berperan dalam membantu perusahaan menemukan formula yang tepat untuk menciptakan produk yang lebih diterima.

5. Distribusi

Distribusi menjadi sangat penting dalam memperluas jaringan pemasaran produk ke berbagai wilayah. Distribusi meliputi pemanfaatan garansi, pengemasan, penentuan pilihan produk, fitur produk, gaya produk, kualitas produk, penghapusan produk lama, dan penyediaan layanan konsumen.

6. Pencitraan Produk

Pemasaran berfungsi dalam proses pembangunan brand atau citra sebuah produk. Dari strategi pemasaran yang dilakukan, konsumen bisa menilai seberapa bagus dan profesional sebuah perusahaan dalam menjual produknya. Pembangunan brand memerlukan proses yang tidak sebentar, perlu dilakukan dengan konsisten.

Misalnya, kita bisa melakukan pemasaran di acara-acara pameran maupun festival agar memenuhi target penjualan serta memperkenalkan produk kepada khalayak.

7. Analisis Peluang

Analisis peluang melibatkan penilaian atas biaya, manfaat dan resiko yang terkait dengan keputusan pemasaran. Tiga langkah yang diperlukan untuk membuat analisis biaya-manfaat (cost-benefit analysis): (1) menghitung total biaya yang terkait dengan suatu keputusan, (2) memperkirakan total manfaat dari keputusan tersebut dan (3) membandingkan total biaya dengan manfaat. Apabila manfaat yang diharapkan melampaui total biaya, maka peluang itu menjadi lebih menarik.

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09