× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Economic

Adanya Potensi Dana Rp20 Triliyun, Pengusaha Skala UKM Ingin jadi Mitra Binaan BUMN

Majels Yani   14 July 2017 15:05

News

majels.com - Sejumlah pengusaha skala usaha kecil dan menengah (UKM) bidang budi daya jamur membutuhkan dukungan dana bagi pengembangan usaha mereka, mengingat permintaan produknya cenderung terus meningkat.

Pengusaha UKM pembudi daya jamur merang asal Banyumas, Agus Susanto mengatakan, permintaan produk jamur untuk pasar Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia  terus meningkat, namun pasokannya belum bisa mencukupi.

“Permintaan kepada kami saja dari Jakarta mencapai lebih dari 1 kwintal. Ini belum permintaan yang ke pembudi daya yang lain, sehingga total volumenya sangat besar dan ini adalah peluang yang sangat prospektif,” katanya beberapa waktu lalu.

Agus menjelaskan, keterbatasan modal menjadi salah satu kendala dalam meningkatkan kapasitas produksi. Sementara permintaan pasar terus meningkat karena produk hasil olahan jamur semakin digemari masyarakat. Untuk itu, lanjutnya, para pengusaha sangat tertarik dengan informasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mengah (Kemenkop UKM) bahwa ada potensi dana sekitar Rp20 triliun dari 140 Badan Usaha Milik Negera (BUMN).

Menurut Agus, potensi dana Rp20 triliun dari 140 BUMN dapat dijadikan sebagai alternatif pembiayaan bagi program wirausaha pemula. Wirausaha pemula, termasuk pembudi daya jamur tentunya dapat menjadi mitra binaan dari salah satu BUMN terkait.

Pengusaha skala UKM tersebut menjadi mitra binaan dari salah satu BUMN dengan menggunakan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Sedangkan untuk lama pembinaan, yaitu selama tiga tahun.

Kementerian Koperasi dan UKM tercatat telah menggandeng 50 perusahaan baik BUMN maupun swasta dalam memanfaatkan dana PKBL. Dana tersebut digunakan untuk permodalan dan pelatihan kewirausahaan. Adapun perusahaan yang telah bermitra itu, di antaranya Sampoerna, IBM, Ciputra, Indofood, PT Indosemen, Bank Mandiri dan Bank BNI.

Terkait realisasi program bantuan bagi wirausaha pemula (WP) pada periode tahun ini hingga Mei 2017, sebanyak 485 WP (40,41%) dengan nilai Rp5,71 miliar dari total alokasinya mencapai 1.200 WP senilai Rp15,6 miliar. (yani)

Sumber gambar: https://lsmorganik.files.wordpress.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
Industry
Bekraf dan Kadin Dukung Strart-Up Lokal melalui Program Karya Merah Putih
Yani
25 July 2017 13:43
Majels
Industry
Pemerintah Fokus Kembangkan Kendaraan Hemat Energi
Yani
25 July 2017 13:12
Majels
Business
4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Bisnismu Gagal
Yani
25 July 2017 10:33
Majels
Economic
UMKM Terus Didorong untuk Naik Kelas
Yani
25 July 2017 09:13
Majels
Business
CCI Rewards Launching Hotel Reservasi Online Khusus Member
Choen
24 July 2017 15:09