web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Aneka Kerajinan Dari Kain Flanel Yang Bisa Dijadikan Bisnis di Rumah

Majels Syahid   09 January 2018 12:11

News

Majels.com – Bila Anda sedang ingin mencoba bisnis rumahan yang bisa dikerjakan tanpa harus keluar rumah atau memiliki tempat usaha sendiri, Anda bisa mencoba bisnis membuat aneka kerajinan dari kain flanel. Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya).

Kain jenis ini cukup mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Berbagai kerajinan bisa dibuat dengan kain flanel ini seperti boneka, tas, tempat tisu, cover buku, tempat hp, hingga sandal. Cara membuatnya tidak terlalu sulit, saat ini sudah banyak tutorial di internet yang bisa mengajarkannya kepada Anda.

Kain flanel sendiri memiliki beberapa jenis yang masing-masing punya karakteristik berbeda. Jenis kain flanel yang ada seperti kain flanel bambu, blend, kain flanel wool, flanel aklirik, dan kain flanel polyester. Adapun perlatan dan bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini adalah benang, dakron, gunting, glue gun, dan jarum jahit.

Berikut merupakan contoh-contoh kerajinan yang bisa Anda buat dengan kain flanel. Masih banyak lagi kerajinan yang bisa dibuat menggunakan kain flanel, semuanya tergantung pada keterampilan dan kreativitas Anda dalam membuatnya.

1. Boneka Flanel

Sumber gambar: dflahomemade.blogspot.co.id

Boneka menjadi kerajinan yang banyak dibuat dengan kain flanel. Tekstur flanel yang halus dan nyaman untuk dipegang serta mudah untuk dibentuk menjadikan boneka menjadi salah satu kerajinan flanel yang banyak dibuat. Aneka boneka dapat dibuat dengan kain ini salah satunya adalah boneka wisuda.

Dari sisi bisnis, boneka wisuda ini terbilang cukup menjanjikan karena pangsa pasarnya yang terus ada. Setiap tahun, ada ribuan kampus yang meluluskan mahasiswanya dan menggelar acara wisuda. Boneka flanel ini bisa menjadi hadiah kepada wisudawan. Keuntungannya, boneka dari flanel ini bisa dibentuk agar sedikit mirip dengan pemesannya. Jadi, terkesan eksklusif.

Baca juga:

2. Tempat Tisu

Sumber gambar: www.pricearea.com

Tempat tisu juga salah satu kerajinan flanel yang banyak ditemui. Tempat tisu yang terbuat dari kain flanel ini akan tampil cantik dan unik di meja tamu rumah Anda. Tempat tisu dari kain flanel ini juga potensial dari segi bisnis, karena memiliki tempat tisu sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

Pada sisi atau atas tempat tisu juga bisa diberikan nama si pemesan sehingga ada kesan ekslusifnya. Namun, tempat tisu ini tentu harus sering dibersihkan karena bila tidak banyak debu yang menempel di tempat tisu flanel tersebut.

3. Tas Flanel

Sumber gambar: seruni.id

Kain flanel juga dapat dibentuk sebagai tas yang cocok untuk kaum hawa. Dengan keterampilan dalam membaca tren yang sedang berkembang saat ini, Anda bisa membuat berbagai tas dari kain flanel ini. Tetapi, proses pembuatannya tentu saja tidak semudah kerajinan-kerajinan lainnya. Dibutuhkan keterampilan menjahit dengan ukuran-ukuran yang pas untuk bisa membuatnya. Tas dari kain flanel ini bisa juga dilengkapi dengan aksesori yang ditempelkan pada sisi-sisinya.

4. Amplop Flanel

Sumber gambar: fatinia.com

Bosan dengan amplop yang begitu-begitu saja? Anda bisa membuatnya sendiri dari kain flanel ini. Amplop kreasi dari flanel bisa diberikan untuk sahabat, pacar atau orang tua. Dengan warna-warna yang lucu dan aksesori yang bisa ditempelkannya membuat amplop dari kain flanel ini cocok dijadikan pelengkap untuk hadiah. Proses pembuatannya pun tidak terlalu mudah. Jika Anda berniat untuk membuka usaha kerajinan kain flanel, amplop bisa Anda jadikan item yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen.

5. Aneka Gantungan Flanel

Sumber gambar: hidupsimpel.com

Gantungan yang terbuat dari kain flanel ini merupakan salah satu favorit para pelanggan. Gantungan bisa dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran. Untuk membuatnya diperlukan ketelitian karena ukurannya yang kecil-kecil.

6. Bunga Flanel

Sumber gambar: Iyaa.com

Siapa sangka bila kain flanel dengan warna-warnanya yang menarik juga dapat dibuat sebagai bunga-bungaan yang indah. Bunga-bungaan dari kain flanel ini bisa digunakan untuk mempercantik ruangan di rumah Anda. (teks:syahid)

Gambar: duniamayacrafts.files.wordpress.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54