web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Angkringan, Usaha Warung Keliling yang Digemari Rakyat

Majels Syahid   12 July 2018 17:18

News

Majels.com – Angkringan merupakan konsep tempat makanan sederhana dengan gerobak dorong yang menyajikan aneka hidangan khasnya yaitu sego kucing atau nasi kucing. Angkringan sendiri merupakan konsep tempat makan dan nongkrong khas Jawa yang banyak ditemukan di kota-kota seperti Jogjakarta dan Solo. Selain itu, di Jakarta juga kerap ditemukan Angkringan seperti yang ada di Taman Ismail Marzuki setiap kali ada forum Maiyah pimpinan Emha Ainun Najib digelar.

Nasi kucing merupakan makanan khas dari daerah Jogjakarta, Semarang dan Surakarta. Disebut nasi kucing karena porsinya yang sedikit sehingga mirip dengan nasi yang diberikan kepada kucing dalam jumlah sedikit. Adapaun lauk pauknya yaitu ikan asin, bandeng, teri, aneka olahan ayam, orek tempe dsb. Selain itu, ada pula tambahan lauk seperti sate usus ayam, gorengan dan mendoan. Sementara untuk minuman biasanya teh manis, kopi jahe, kopi jos atau kopi arang dan wedang uwuh.

Dari segi bisnis, konsep angkringan ini cukup menarik karena sudah memiliki penggemarnya sendiri. Angkringan biasanya mulai dibuka pada sore hari hingga malam hari. Di tempat-tempat seperti Jakarta, Angkringan selalu ramai didatangi oleh orang-orang yang ingin melepas penat dengan mencicipi aneka hidangan Angkringan. Meskipun sangat khas Jawa, Angkringan sudah cukup diterima oleh masyarakat luas karena menu nya yang familiar dan harganya yang murah.

Baca juga:

Beberapa angkringan masih dikelola secara tradisional, mirip seperti lapak-lapak pedagang kaki lima pada umumnya. Namun, tak sedikit pula yang sudah dikelola secara serius sehingga memperhatikan tempat pengunjung menyantap hidangan. Bahkan, angkringan juga sudah ada yang diwaralabakan. Salah satunya Angkringan Nasi Kucing 78. Mereka menawarkan paket kemitraan mulai dari Rp2.500.000 hingga Rp.8.000.000.

Bisnis angkringan memang menarik untuk dijalani karena segmentasi pasarnya yang sudah ada dan menu makannnya yang sudah familiar di kalangan masyarakat. Bila ingin mencoba bisnis ini, sebaiknya buatlah angkringan yang punya nilai lebih dengan pelayanan yang lebih modern. Angkringan pada dasarnya adalah tempat bagi orang-orang untuk nongkrong, menghabiskan malam hari dengan menyantap makanan yang tidak terlalu berat sambil mengobrol. Karena itulah, faktor pelayanan menjadi sangat penting di sini. (teks:syahid)

Gambar: pegipegi.com

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54