web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Apa itu Boostrap dalam Dunia Bisnis?

Majels Syahid   06 July 2018 15:08

News

Majels.com – Dalam dunia bisnis, terutama pada dunia startup, dikenal kerap kali terdengar istilah Boostrap. Istilah ini merupakan yang menunjukkan pendanaan pada sebuah perusahaan rintisan atau startup yang menggunakan dana pribadi founder sendiri, dengan kata lain tidak menggunakan dana dari investor. Sementara itu, moda yang dibutuhkan untuk membangun sebuah perusahaan biasanya diambil dari dana tabungan sendiri.

Boostrap berkebalikan dengan Raise Funding di mana sang founder memang sudah menargetkan untuk membangun sebuah perusahaan dengan mencari investor, bisa Angel Investor terlebih dahulu atau langsung ke Vending Capital. Dalam praktiknya, ada perusahaan yang memilih konsisten membangun perusahaan dengan boostraping namun ada juga yang hanya sebatas batu pijakan saja. Setelah cukup siap, mereka mencari investor.

Lantas, bagaimana sebenarnya manfaat dari usaha yang dibangun dengan pendanaan sendiri ini? Pertama, sebagai founder kamu memiliki kontrol penuh atas usaha kamu sediri. Ini sedikit berbeda bila perusahaan tersebut didanai oleh investor. Sedikit banyak, ada intervensi dari investor yang menentukan arah dari perusahaan.

Hal ini yang terkadang menjadi hambatan dalam membangun bisnis. Perbedaan visi bisa saja muncul saat perusahaan sudah mulai berjalan. Keunggulan dari boostraping, adalah kamu punya kendali penuh atas visi yang perusahaan coba raih. Namun, boostrap juga memiliki sejumlah kekurangan.

Biasanya, pertumbuhan yang memakai sistem ini pertumbuhannya cukup lambat. Ini dikarenakan minimnya modal kapital dalam membangun perusahaan. Selain itu, kita harus membangun jaringan bisnis sendiri dari awal. Berbeda dengan menggunakan investor yang biasanya sudah memiliki jaringan luas. Itu akan memudahkan percepatan bisnis kamu.

Jadi, sistem pendanaan seperti apa yang akan kamu pilih, sobat eMajels? (teks:syahid)

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54