× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Apakah Berwirausaha Harus dengan Modal Besar?

Majels Syahid   23 April 2018 15:18

News

Majels.com – Modal seringkali menjadi faktor yang kerap menghambat seseorang dalam berwirausaha. Banyak orang yang merasa sulit memulai usaha karena tidak punya modal atau tidak punya cukup modal untuk memulainya. Permasalahan ini bukan saja soal ketiadaan modal, namun lebih kepada mindset yang kurang tepat.

Memang tidak dapat dipungkiri bila setiap usaha pastilah membutuhkan modal untuk memulainya. Namun, apakah setiap usaha harus dimulai dengan modal yang besar? Tentu saja tidak. Jangan halangi diri kita sendiri untuk berwirausaha hanya karena modal yang kita punya tidak cukup besar untuk memulai usaha.

Merintis usaha dari nol

Tidak perlu menunggu persiapan yang sempurna untuk menjalankan sebuah bisnis. Anda dapat memulainya dengan mempersiapkan modal baik peralatan maupun finansial yang cukup layak untuk menjalankan sebuah bisnis. Pada bulan-bulan selanjutnya, Anda dapat mulai melakukan pengembangan-pengembangan dari keuntungan sehari-hari.

Misalnya, bila Anda tertarik untuk untuk berjualan bakso, Anda bisa membuat gerobak kecil yang dikombinasikan dengan sepeda. Setelah cukup berkembang, membuat gerobak yang lebih besar agar lebih memudahkan Anda berjualan. Setelah itu, Anda bisa menyewa tempat yang permanen sehingga orang bisa memakan bakso Anda di situ.

Nilai yang harus ditanamkan adalah tak perlu menunggu sempurna dulu untuk mencapai sesuatu. Kita bisa membangunnya menjadi sempurna seiring dengan berjalannya proses tersebut. Anda bisa memangkas, perencaan modal yang tidak perlu atau masih bisa diatasi bila belum mampu untuk membelinya.

Latih kemampuan untuk mendapatkan investor

Tak perlu menggunakan dana pribadi untuk memulai usaha. Anda pun bisa membangun usaha dengan bantuan investor. Kuncinya, Anda dapat membuat produk yang diproyeksikan sukses, memiliki perancanaan yang baik dan tersetuktur dan memiliki kepandaian dalam menyampaikan itu semua ke investor.

Investor dalam hal ini bukan saja melulu soal pengusaha besar yang cukup banyak memiliki uang. Bisa juga teman-teman Anda bisa diajak bergabung untuk mendanai sebuah usaha. Bila dalam mindset Anda ini hanya bisa terjadi untuk bidang-bidang usaha teknologi seperti yang banyak dilakukan startup saat ini, itu salah besar. Semua usaha pada dasarnya memiliki kesempatan yang sama.

Untuk itu diperlukan kemampuan dalam berbicara, mempresentasikan ide, dan membangun jejaring pertemaman yang luas. Hal ini bisa Anda lakukan dimanapun, di kampus tempat kuliah, atau di perusahaan sekarang tempat Anda bekerja. (teks:syahid)

Gambar: Shutterstock

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09