web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Bagaimana Membangun Sebuah Startup?

Majels Syahid   07 June 2018 11:09

News

Majels.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa membangun startup sudah menjadi tren di hampir seluruh dunia termasuk Indonesia. Sebagai sebuah negara dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta penduduk yang 140 juta diantaranya sudah mengakses internet, Indonesia adalah sebuah pasar yang menggiurkan bagi dunia bisnis.

Sementara itu, startup sendiri sedikit berbeda dengan badan usaha lainnya seperti UKM. Menurut Dila Karinta dalam acara peluncuran bukunya berjudul Insider’s Guide to Jakarta Startup di Startbucs Arteri Pondok Indah (6/6/2018), pengertian startup lebih mengacu pada sebuah perusahaan rintisan yang spesifik menjawab sebuah masalah dengan pendekatan teknologi.

“Jadi startup company ini adalah bisnis yang baru dibangun untuk menjawab spesifik sebuah masalah dan menargetkan sebuah market yang spesifik, mereka diharapkan bisa berkembang dengan cepat dibantu dengan teknologi.”ujar perempuan yang saat ini menjabat sebagai Director of Ingrm Communication tersebut.

Dalam buku yang ditulis bersama dengan Bettina Herz itu, langkah-langkah dalam membangun startup dijelaskan dengan ringkas dan padat. Pertumbuhan startup  seperti Acquisition, Activation, Retention, Referral, dan Revenue merupakan hal dasar yang wajib dipahami oleh anak muda yang ingin membangun sebuah startup.

User Acquisition misalnya, atau dalam Bahasa Indonesia disebut akuisisi pengguna. User Acquisition dapat dipahami sebagai sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan startup untuk meraih pengguna produk mereka. Proses ini berjalan setelah perusahaan mulai membentuk tim dan menyiapkan produknya.

User Acquisition merupakan tahapan penting di mana ini lah salah satu indikator keberhasilan dari sebuah startup. Sebuah produk yang bagus tak ada artinya bila hanya digunakan oleh segelintir orang saja. Maka dari itu perlu langkah-langkah agar proses ini berjalan sukses.

Menariknya, buku ini juga menyajikan informasi mengenai apa yang sebenarnya diinginkan oleh para Venture Capital di Indonesia kepada para startup. Dengan ini, pelaku startup diharapkan bukan saja sekadar merealisasikan ide-ide besar, namun juga ide yang bisa direalisasikan menjadi bisnis.

Peluang startup di Indonesia masih terbuka lebar karena masih banyak permasalahan yang butuh diselesaikan dengan pendekatan teknologi. “Startup di Indonesia banyak yang hadir karena permasalahan di Indonesia juga banyak. “ ujar Dila. (teks:syahid)

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Produksi 100 Ribu Pieces Kaus Anak
Syahid
22 June 2018 16:23
Majels
News
Tambah Penghasilan dengan Jadi Agen Produk Digital Tokopedia
Syahid
22 June 2018 13:54
Majels
News
Sukses Bisnis Bubur Bayi Sehat Berkat Pengalaman Pribadi
Syahid
21 June 2018 16:35
Majels
News
Tips Usaha Restoran Berkonsep Tradisional
Syahid
21 June 2018 14:38
Majels
News
8 Prinsip Utama Manajemen Mutu Ini Wajib Anda Ketahui
Syahid
20 June 2018 17:16