web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Bagaimana Membuat Advetorial untuk Produk Kamu

Majels Syahid   08 June 2018 10:10

News

Majels.com – Advetorial merupakan salah satu bentuk iklan yang biasanya dimuat di sebuah media baik cetak maupun online dengan gaya jurnalistik. Bentuk iklan advertorial dibuat dengan gaya soft selling, lebih banyak memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca ketimbang mengajak seseorang untuk membeli atau semacamnya. Setiap media, biasanya memberikan rubric khusus untuk ini sehingga bentuk tulisan advertorial segera dapat dibedakan dengan bentuk tulisan berita pada umumnya.

Lalu, apa manfaatnya membuat advertorial bagi perusahaan? Advetorial sebenarnya banyak dibuat untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai sebuah brand. Jadi, tujuan dari dibuatnya iklan advertorial adalah membangun brand awareness.

Dengan cara ini, citra sebuah perusahaan dapat dibentuk sedemikian rupa sehingga masyarakat punya kepercayaan (trust) yang tinggi pada merek tersebut. Selain itu, advertorial juga dapat digunakan sebagai saran edukasi bagi calon konsumen mengenai manfaat sebuah produk.

Mempublikasikan konten iklan advertorial tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Terlebih lagi bila itu dilakukan di media massa seperti koran cetak atau majalah. Namun, advertorial juga dapat dipublikasikan di blog atau website-webiste berita yang tidak terlalu besar namun masih cukup ramai dikunjungi oleh pembaca sehingga budget yang diperlukan jadi lebih sedikit.

Dalam membuat konten advertorial, ada baiknya bila kamu memerhatikan hal-hal sebagai berikut.

Lebih banyak mengandung informasi

Konten advertorial bukan merupakan bentuk iklan hard selling jadi kita dituntut untuk menyampaikan lebih banyak informasi ketimbang promosi. Pada dasarnya, hampir semua orang benci iklan. Dengan advertorial, orang diharapkan dapat diajak secara tidak langsung mengenal sebuah produk atau brand dengan memberikan informasi kepada mereka terlebih dahulu.

Misalnya bila kamu seorang distributor pakaian anak-anak. Kamu bisa membuat sebuah artikel yang membahas bagaimana bentuk, bahan, dan gaya baju anak yang trendi namun tetap nyaman dipakai. Kamu bisa menjelaskan karakteristik

Menggunakan bahasa yang ringan

Advertorial berasal dari dua kata yaitu advertising dan editorial. Ada editorial di sini yang harus menjadi perhatian. Penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah dan logika bahasa tetap harus diperhatikan. Hal ini tentu saja berbeda dengan penggunaan bahasa yang sifatnya hard selling, yang sering kali boleh mengabaikan kaidah-kaidah bahasa.

Meskipun harus tetap memerhatikan kaidah, penggunaan bahasa pada konten advertorial sebaiknya dibuat dengan bahasa yang ringan. Beberapa produk memiliki istilah-istilah sendiri yang mungkin belum dipahami oleh masyarakat luas. Tugas dari advertorial ini lah agar istilah yang rumit dapat dicerna dengan baik.

Hindari Penggunaan Promosi Langsung

Pada konten advertorial, konten promosi biasanya tetap ada namun dalam persentasi yang lebih sedikit. Biasanya, ada pada bagian paragraph akhir. Namun, bentuk promosinya pun tidak secara langsung seperti “Beli sekarang juga” dan semacamnya. Lebih kepada informasi mengenai bagaimana konsumen bisa membeli produk tersebut. (teks:syahid)

Gambar: welovebse.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Produksi 100 Ribu Pieces Kaus Anak
Syahid
22 June 2018 16:23
Majels
News
Tambah Penghasilan dengan Jadi Agen Produk Digital Tokopedia
Syahid
22 June 2018 13:54
Majels
News
Sukses Bisnis Bubur Bayi Sehat Berkat Pengalaman Pribadi
Syahid
21 June 2018 16:35
Majels
News
Tips Usaha Restoran Berkonsep Tradisional
Syahid
21 June 2018 14:38
Majels
News
8 Prinsip Utama Manajemen Mutu Ini Wajib Anda Ketahui
Syahid
20 June 2018 17:16