× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Bagaimana Menciptakan Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Generasi Millenial

Majels Syahid   17 April 2018 11:58

News

majels.com – Belakangan ini, kita akrab sekali dengan istilah generasi millennial atau generasi Y. Istilah generasi millennial mengacu kepada sekelompok orang yang lahir antara tahun 1980an hingga tahun 2000an. Generasi ini lahir setelah generasi sebelumnya yaitu generasi X yang lahir antara tahun 1961 hingga 1980. Secara karakteristik, generasi millennial punya beberapa perbedaan dengan generasi-generasi sebelumnya.

Perbedaan tersebut salah satunya tercipta karena generasi millennial tumbuh ketika perkembangan teknologi juga sedang tumbuh. Berbeda dengan generasi X yang sudah cukup tua ketika teknologi berkembang pesat, generasi millennial yang saat ini berusia sekitar 17-37 tahun, kehidupannya sangat dekat dengan teknologi.

Dalam dunia bisnis, kita patut untuk mengetahui dan memahami dengan baik siapa yang menjadi target pasar produk. Dari situ, kita bisa merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk target pasar tersebut. Target pasar sendiri, bisa dipecah berdasarkan rentang usia, kelompok ekonomi, atau bahkan pendidikannya. Dalam artikel ini, kita akan mencoba mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat untuk generasi millennial.

Digital Marketing Kunci Bidik Pasar Millenial

Generasi millennial merupakan generasi yang sudah akrab dengan teknologi. Mereka menggunakan teknologi khususnya internet hampir dalam segala bidang kehidupan. Mulai dari berinteraksi dengan teman, mencari referensi pelajaran, mencari hiburan, membeli barang, tiket pesawat, semua dilakukan di internet.

Berdasarkan data yang dilansir dari CNN Indonesia, 80 persen penetrasi pengguna internet di Indonesia didominasi oleh pengguna dengan rentang usia 20-24 tahun dan 25-29 tahun. Pada kategori 20-24 tahun ditemukan 22,3 juta jiwa yang setara 82 persen dari total penduduk di kelompok itu. Sedangkan pada kelompok 25-29 tahun, terdapat 24 juta pengguna internet atau setara 80 persen total jumlah jiwa.

Generasi millennial sedikit demi sedikit mulai meninggalkan media konvensional seperti televisi, radio dan koran untuk mendapat informasi dan hiburan. Karena itu budget iklan mau tidak mau harus mulai digeser ke produk iklan digital seperti Adsense atau Facebook Ads.

Sementara itu, bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), hal ini bisa menjadi keuntungan karena budget iklan di media digital, bila pandai mengelolanya tidak membutuhkan budget yang besar. Pada prinsipnya, digital marketing berusaha melakukan segala cara, dengan teknologi yang ada, untuk memengaruhi dan mengajak orang membeli produk kita (konversi). Teknologi yang dimaksud seperti toko online, platform market place, social media, email marketing dan sebagainya.

Bidik Kelompok Sosial bukan Rentang Usia

Salah satu karakteristik generasi millennial adalah kegemarannya berkumpul, membentuk kelompok-kelompok berbasis sosial dan hobi. Mereka disatukan oleh kepentingan dan kegemaran yang sama misalnya kelompok pecinta alam, sepeda, kelompok yang punya perhatian pada dunia pendidikan dan semacamnya.

Teknik pemasaran yang sebelumnya lebih banyak menggunakan rentang usia sebagai segmentasi pasarnya, sudah harus merambah kea rah kelompok-kelompok semacam ini. Anda bisa membuat produk yang menargetkan secara spesifik pecinta grup musik tertentu, penyuka traveling, penyuka binatang dan sebagainya.

Iklan yang Memengaruhi, Bukan Memaksa

Generasi millennial cenderung membenci iklan-iklan dengan gaya bahasa konvesional yang terlalu memaksa. Mereka lebih menyukai iklan yang kreatif, orisinil dan anti mainstream. Dalam memilih tokoh, generasi millennial bukan saja menyukai selebriti yang sudah muncul di layar televisi, namun selebriti di media sosial yang menginspirasi mereka juga menarik perhatian.

Karena itulah, dalam beberapa tahun terakhir ini, peran selebgram atau Youtuber banyak dilirik sebagai tokoh yang mampu mengangkat citra sebuah brand. Cara seperti ini, relatif lebih efektif karena selebgram dengan followersnya punya kedekatan yang cukup intens.(teks:syahid)

Gambar: http://arryrahmawan.net/

 

 

 

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09