web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Bagaimana Mengukur Kesuksesan Email Marketing

Majels Syahid   08 June 2018 16:14

News

Majels.com – Email marketing merupakan satu dari sekian banyak teknik yang dilakukan di dalam bidang digital marketing untuk meraih konversi atau goals dari sebuah bisnis. Di dalam email marketing, kita membuat sebuah penawaran, ajakan dan semacamnya, biasanya disertai dengan tombol Call to Action untuk diarahkan ke sebuah website.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana mengukur efektivitas dari email marketing? Dari mana kah kita bisa mengetahui campaign yang kita buat melalui email dianggap berhasil? Berikut adalah beberapa poin yang bisa kamu jadikan indikator guna menilai keberhasilan sebuah campaign email marketing.

Click-Through Rate (CTR)

CTR merupakan jumlah orang atau audience yang mengklik link yang ada pada campaign tersebut. Berapa besar jumlah orang yang mau membuka link ini sangat ditentukan dari seberapa menarik konten email marketing yang kamu buat. Audience tentu akan berpikir seribu kali ketika memutuskan untuk membuka sebuah link.

Oleh karenanya, penting dalam membuat struktur penulisan email marketi

Conversion Rate

Conversion rate merupakan jumlah audience yang merespon email kamu. Conversion rate juga berarti tingkat kesuksesan sebuah goals email marketing. Misalnya kamu menginginkan agar dengan email marketing, orang bisa membeli sebuah produk baru milik kamu. Maka persentase orang yang membeli itulah yang disebut sebagai conversion rate.

Goals dari setiap campaign tentu saja berbeda-beda. Ada yang hanya sekadar mengarahkan ke website, mendaftar sebuah seminar, atau membeli produk.

Open Rate

Indikator lainnya adalah seberapa banyak orang yang membuka email kamu. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk mengetahui ini seperti Private Gmail Leak Tester, Security Alert Knowem dan  Is Leaked.

Unsubsribe Rate

Persentase atau jumlah orang yang memutuskan untuk tidak berlangganan setelah mendapatkan email Anda juga menjadi indikator keberhasilan email marketing. Bila ternyata banyak orang yang lebih memilih berhenti berlangganan email, itu tandanya campaign Anda harus dievaluasi. Bisa jadi ini disebabkan karena pengiriman email yang terlalu sering sehingga membuat orang risih. Bisa pula karena konten yang kamu tawarkan tidak menarik. (teks:syahid)

Gambar: Yoast.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Produksi 100 Ribu Pieces Kaus Anak
Syahid
22 June 2018 16:23
Majels
News
Tambah Penghasilan dengan Jadi Agen Produk Digital Tokopedia
Syahid
22 June 2018 13:54
Majels
News
Sukses Bisnis Bubur Bayi Sehat Berkat Pengalaman Pribadi
Syahid
21 June 2018 16:35
Majels
News
Tips Usaha Restoran Berkonsep Tradisional
Syahid
21 June 2018 14:38
Majels
News
8 Prinsip Utama Manajemen Mutu Ini Wajib Anda Ketahui
Syahid
20 June 2018 17:16