web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Barista, Garda Terdepan Mengedukasi Konsumen Kopi

Majels Syahid   09 July 2018 18:20

News

Majels.com – Dalam bisnis minuman kopi, persoalan terberatnya bukan saja soal bagaimana menyajikan sajian kopi yang berkualitas dan menghadirkan suasana kafe yang nyaman, tetapi juga soal bagaimana mengedukasi pelanggan. Menurut Andanu Prasetyo, owner Kopi Tuku, salah satu kedai kopi yang hits di Jakarta, sebuah sajian kopi akan bernilai bila kita mengetahui bagaimana perjalanan kopi tersebut sampai ke meja kafe.

Perjalanan segelas kopi di kafe memang terbilang panjang. Mulai dari petani yang menanam biji kopi dengan penuh ketelitian dan kesabaran karena kopi terutama yang jenis Arabika merupakan tanaman yang butuh perhatian khusus. Metode perawatan dan cuaca sangat berpengaruh pada kualitas kopi itu sendiri. Setelah itu, kopi akan melalui proses selanjutnya seperti penggilingan dan sangrai dengan perhitungan-pertitungan tersendiri.

Di Indonesia sendiri, pemahaman tentang proses panjang kopi tersebut perlahan mulai bisa dipahami secara luas oleh penikmat kopi. Hal tersebut, membuat apresiasi terhadap kopi pun menjadi meningkat. Bila sudah demikian, pelanggan yang cerdas dapat memilih kedai kopi yang memang berkualitas dan sesuai dengan minat mereka.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa hal itu baru terjadi setelah beberapa tahun terakhir ini, seiring dengan semakin banyaknya kedai-kedai kopi. Oleh karena itu, tugas kedai kopi bukan saja menyajikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, tetapi bagaimana mengedukasi mereka tentang nilai sebuah kopi. Barista, dalam hal ini merupakan ujung tombak. Merekalah yang paling dekat dengan pelanggan, bertemu dan berkomunikasi setiap hari dengan pelanggan.

Maka sebagai Barista, keterampilan dalam berkomunikasi juga menjadi keahlian yang sebaiknya dimiliki. Di samping itu, pengetahuan barista mengenai kopi juga harus selalu ditingkatkan. Selain untuk mengedukasi pelanggan, keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan membuat kedai kopi akan terasa lebih bermakna bagi pengunjung. Mereka pun menjadi lebih nyaman dan akan kembali lagi pada hari berikutnya. (teks:syahid)

Gambar: unplash

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54