× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Business

Budidaya Jamur Tiram, Bisnis Kecil Rumahan yang Menjanjikan

Majels Yani   14 July 2017 17:10

News

majels.com - Usaha budidaya jamur tiram sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia. Modal awal yang di butuhkan untuk memulai usaha ini cukup murah dan semuanya bisa di lakukan secara bertahap. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang mencari usaha rumahan dengan modal kecil yang menjanjikan. Terbukti dengan permintaan produk jamur untuk pasar Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia  terus meningkat.

Jamur tiram memiliki warna putih dengan ciri khas tajuk jamur seperti kulit tiram. Dahulu, jamur tiram mudah di dapatkan di hutan, lading, atau perkebunan karena jamur ini tumbuh pada batang kayu, terutama yang sudah lapuk. Oleh sebab itu, orang menamai jamur tiram dengan jamur kayu.

Bagi Anda yang tertarik dengan usaha budidaya jamur tiram, bacalah beberapa ulasan penting mengenai cara budidaya jamur tiram di bawah ini agar Anda mengerti apa saja yang di butuhkan untuk memulai dan menjalankan usaha jamur tiram.

1. Menyiapkan Kumbung

Kumbung ialah rumah/tempat budidaya jamur. Kumbung berbetuk seperti bangunan yang di dalamnya terdapat rak-rak untuk meletakkan baglog. Kumbung harus memiliki kemampuan menjaga kelembaban udara dan suhu agar jamur bisa tumbuh dengan sempurna.

Berikut ini beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat dan menyiapkan kumbung yang baik dan benar.

2. Menyiapkan Baglog

Baglog adalah media tanam bagi jamur tiram, di sinilah jamur tiram akan tumbuh. Baglog biasanya terbuat dari serbuk gergaji yang di bungkus dengan plastik berbetuk silinder. Pada salah satu ujungnya di beri lubang, di mana lubang ini sebagai tempat jamur menyembul keluar.

Baglog bisa Anda buat sendiri, namun apabila Anda masih pemula sebaiknya membeli baglog dari pihak lain. Hal ini dikarenakan membuat baglog butuh pengalaman yang cukup. Harga baglog cukup terjangkau, baglog dengan ukuran 1 kg di jual dengan harga sekitar 2000–3000 rupiah saja.

3. Perawatan Jamur Tiram

Berikut ini beberapa cara perawatan jamur tiram yang harus Anda lakukan agar jamur tiram tumbuh dengan sempurna.

4. Panen Jamur Tiram

Inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh petani jamur tiram, yaitu panen jamur tiram. Berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan saat Anda akan memanen jamur tiram.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin memulai usaha jamur tiram. Sekilas memang terlihat sulit karena banyak tahap yang harus di lalui, namun perlu Anda ketahui, prospek usaha jamur tiram ini sangat menjanjikan. (yani)

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
Event
Industri Digital Indonesia Hadir di ITU Telecom World 2017
Yani
25 September 2017 16:13
Majels
Technology
Vivo X20 dan X20 Plus Resmi Diluncurkan
Yani
22 September 2017 15:55
Majels
Event
GIIAS Auto Show Surabaya 2017 Tawarkan Berbagai Promo Menarik
Yani
22 September 2017 14:46
Majels
News
Rumah Kreatif BUMN Bantu UMKM Tembus Pasar Global
Yani
22 September 2017 09:15
Majels
Travel
7 Lokasi Antimainstream di Singapura yang Wajib Anda Kunjungi
Yani
18 September 2017 16:02