web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Bukan Sekadar Jual Produk, Startup Tawarkan Solusi

Majels Syahid   27 April 2018 14:49

News

Majels.com – Pada Januari 2018 lalu, platform marketplace besutan CEO Achmad Zaky mengumumkan statusnya yang kini menjadi unicorn. Dengan capaian ini, Bukalapak menjadi startup keempat yang berhasil mengukuhkan diri sebagai startup unicorn setelah Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia. Status unicorn sendiri mengacu kepada startup dengan valuasi mencapai 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,2 triliun.

Secara sederhana startup dapat diartikan sebagai perusahaan rintisan. Namun, pengertian startup lebih dari sekadar perusahaan rintisan, mereka adalah bisnis yang mencoba untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dengan menawarkan solusi-solusi menggunakan teknologi.

Karena bidang usaha startup itu menawarkan solusi atas sebuah masalah, maka biasanya belum ada pihak lain yang menjalaninya. Kalaupun ada, belum dilakukan dengan menggunakan pendekatan teknologi yang baik. Sementara itu, solusi yang ditawarkan startup sendiri pun menjadi belum teruji berhasil atau tidaknya.(teks:syahid)

Gambar: One Month

Transportasi ojek misalnya, merupakan sarana transportasi informal yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Namun, jenis transportasi yang satu ini memiliki sejumlah masalah seperti susah menemuinya karena tukang ojek umumnya hanya mangkal di tempat tertentu. Belum lagi masalah harga yang sangat tidak menentu karena bergantung pada kemampuan negosiasi si pengguna ojek.

Permasalah tersebut direspon oleh Gojek, dengan menawarkan aplikasi yang dapat mempertemukan antara tukang ojek dengan pengguna ojek. Tukang ojek jadi punya mobilitas tinggi karena bisa mendapatkan penumpang di mana saja. Sementara pengguna dapat memanggil tukang ojek di manapun mereka mau. Itu lah contoh kecil dari permasalahan di masyarakat yang berhasil diciptakan solusinya dan menjadi sebuah model bisnis baru.

Dalam praktiknya, startup harus mampu menghitung seberapa potensial kah solusi yang mereka tawarkan tersebut menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan di masa depan. Potensi bisnis di masa depan tersebut yang membuat investor mau menaruh uangnya pada startup.

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09