web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Franchise

Cerahnya Bisnis Butik Aksesori Tempat Tidur

Majels Yani   16 February 2017 11:06

Franchise

majels.com - Melihat sang ibu yang senang menjahit sprei sendiri dan hanya dijual di arisan saja, membuat Christiana Agustin berniat untuk mengembangkannya. Awalnya Christiana memasarkan produk sprei dengan cara berkeliling. Setelah jatuh bangun bahkan sempat ditipu akhirnya Christiana bangkit dan berhasil mendirikan Steffi Collections yang menjual bedding accessories pada tahun 2003.

Produk bedding yang dijualnya meliputi sprei, bedcover, bantal guling, matras protector dan perlengkapan baby set. Tak ingin tanggung-tanggung, produk bedding miliknya tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga,tetapi juga industri perhotelan, rumah sakit, kost, apartmen, juga industri pariwisata dengan inovasi produk-produk bedding bercorak batik. Menurut Christina, bedding dari batik miliknya merupakan nilai lebih sekaligus keunikan dari produknya.  Sprei batik tulis dengan menggunakan kain katun Tc 200 tanpa sambungan tengah, dikerjakan oleh tangan-tangan mahir di bidang batik. “Semua itu kami produksi sendiri sehingga menekan biaya produksi dan harga kompetitif.”

Sejak membuka usaha ini, produknya pun laris manis. Sulung dari tiga bersaudara ini pun sudah membuka 2 outlet milik sendiri di Sragen dan Bali. Untuk franchise baru dilakukan Christiana pada tahun 2015. Dengan konsep yang berbeda dengan outlet bedding lainnya, Christiana yakin usahanya akan terus maju. “Konsep yang kami tawarkan adalah konsep bedroom. Di sini tidak hanya menjual bedsheet, tetapi konsep bedroom sampai dengan aksesori di dalam bedroom.” Namun Christiana tetap berkomitmen mengangkat dan mengembangkan produk-produk batik untuk konsep bedroom miliknya.  

Dua paket yang ditawarkan yang pertama dengan harga Rp720.000.000 dengan rincian untuk deposit Rp 12.500.000, hak penggunaan merek dagang dan sistem bisnis Steffie Collection selama 5 tahun, survey lokasi, program pelatihan untuk franchisee dan staff, tim opening, software kasir, marketing tools, buku panduan usaha, design (ruangan, neon sign dan marketing tools), interior dan perlengkapan outlet dan stok awal barang. Paket yang kedua dengan harga Rp 390.000.000. Perbedaan kedua paket tersebut adalah luas bangunannya. Untuk paket pertama luasnya 240 – 300 meter persegi dan yang kedua 100 – 240 meter persegi.  

Christiana memberlakukan sistem franchisee fee dan royalty fee bagi para mitranya. Franchisee fee sebesar Rp 100 juta dan royalti fee sebesar 6 %. Disamping itu, promo bagi 3 fanchisee pertama ada diskon 50% untuk franchise fee menjadi Rp 50 juta. Dengan omzet kurang lebih Rp 200 juta perbulan, franchisee bisa balik modal sekitar 1,5 tahun hingga 2 tahun. Sebagai jaminan kepada franchise, jika produk yang kurang jalan di outlet franchisee dalam jangka waktu 3 bulan, Christiana membolehkan retur dan penggantian barang asalkan kondisi barang masih layak jual. Sedangkan kendala yang biasa dihadapi adalah masalah pasar dan SDM. Christiana menganggap hal tersebut sebagai tantangan dalam menaklukkan pasar dan memenangkan persaingan. Menjaga kualitas dari mulai bahan,produk jadi, pelayanan kepada konsumen serta terus berinovasi menciptakan produk bedding yang belum pernah ada di pasaran adalah cara yang dilakukan perempuan kelahiran Surakarta ini. “Investasi tidak hanya berupa aset tetapi juga berupa SDM yang memiliki keahlian profesional dan kerampilan teknis,” ujarnya. Christiana pun tak segan berbagi tips. Menurutnya keyakinan dibutuhkan untuk memulai suatu usaha dan melihat peluang yang ada. “Komitmen dan konsistensi juga dibutuhkan untuk kesuksesan dan kelanggengan suatu bisnis,” tandasnya.  (teks:er/ft:dok.pri)

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09