× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Contoh Usaha Sampingan yang Ramai Saat Bulan Ramadan

Majels Syahid   13 April 2018 16:55

News

Majels.com – Bulan suci Ramadan, selalu membawa suka cita, terutama bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Pada bulan inilah, pola konsumsi orang sedikit berubah karena umat Islam diharuskan sudah sahur sebelum adzan subuh, lalu tidak makan dan minum sepanjang siang sampai maghrib.

Bulan suci juga mendatangkan berkah tersendiri bagi beberapa usaha. Banyak sekali, pedagang musiman yang menjajakan makanan maupun minuman khas Bulan Suci Ramadan di pinggir jalan. Nah, untuk Anda yang juga ingin mendapatkan berkah penghasilan dari bulan puasa, tak ada salahnya mencoba salah satu jenis usaha berikut ini, yang ramai saat Ramadan.

Menjual Aneka Jenis Takjil

Takjil menjadi kebutuhan bagi banyak orang saat berpuasa. Sebelum berbuka puasa, umat Islam memang disarankan untuk memakan takjil dulu kemudian sholat maghrib agar tidak terlalu kekenyangan ketika sholat. Kolak pisang menjadi sajian yang lazim untuk takjil berbuka puasa. Air esnya yang sudah dicampur dengan gula membuat haus bisa langsung terpuaskan.

Selain kolak, ada juga gorengan yang cukup banyak diburu orang. Anda bisa menjual gorengan tempe, bakwan, risoles, atau pisang goreng. Cukup jual di pinggir jalan pada sore hari, Anda pun bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Menjual Baju Muslim

Penjualan baju baru terutama baju muslim meningkat pada bulan puasa. Ini disebabkan karena orang cenderung ingin memakai baju baru untuk tarawih utamanya pada saat hari raya Idul Fitri. Baju koko, peci, dan jilbab dengan tren baru banyak diincar oleh masyarakat. Selain baju, peralatan ibadah seperti sarung dan sajadah juga cukup banyak dicari.

Anda pun bisa ikut mengambil potensi ini dengan menjadi reseller baju-baju muslim. Ada bisa memilih mengambil barang dalam jumlah banyak untuk dijual kembali, atau bekerjasama dengan brand atau distributor tertentu untuk bekerjsama dengan sistem dropship sehingga tidak perlu stock barang. Cukup posting foto produk di akun media sosial untuk mengajak teman-teman Anda membeli.

Menjual Kue Khas Lebaran

Bila Anda memiliki keterampilan membuat kue, jangan lewatkan kesempatan mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan menjual aneka kue lebaran. Aneka kue yang laris saat lebaran seperti kue natsar, putri salju, kue kacang kering hingga aneka bolu memiliki pangsa pasar yang besar, terutama mendekati hari lebaran.

Anda bisa mulai menawarkan kepada teman atau tetangga sekitar. Mulai memprosikan ke teman-teman Anda di Facebook. Pasti cukup menggiurkan apalagi bila Anda sudah terkenal mampu untuk membuatnya.

Membuat Parsel Lebaran

Permintaan terhadap parsel meningkat jelang hari raya. Biasanya, masyarakat mengirimkan parsel tersebut ke saudara mereka di tempat lain sebagai bingkisan. Untuk skala yang lebih besar, Anda bisa menyasar perusahaan-perusahaan yang biasanya membagikan parsel sebagai pelengkap THR.

Menjual Ketupat

Membuat ketupat bukan perkara yang mudah. Tak banyak orang yang bisa merangkai daun kelapa sehingga bisa berbentuk sepeti ketupat. Bila Anda punya keahlian ini, tak ada salahnya bila mencoba membuka usaha membuat ketupat. Permintaannya pasti banyak karena orang ingin menghidangkan opor ayam yang rasanya nikmat bila dimakan dengan ketupat. (teks:syahid)

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09