× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Event

Dorong Budaya Penelitian Remaja dan Guru, LIPI Gelar PIRN XVI di Aceh

Majels Yani   10 July 2017 11:08

News

majels.com - Dalam rangka mendorong budaya penelitian Remaja dan Guru, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar acara Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN). PIRN merupakan suatu bentuk kegiatan ilmiah di lapangan terbuka berorientasi pada penelitian yang mencakup bidang ilmu pengetahuan sosial, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan teknik (teknik rekayasa).

Pada tahun ini, PIRN memasuki penyelenggaraan ke-16 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Aceh. PIRN XVI Tahun 2017 dilaksanakan pada 9–16 Juli 2017 di SMA Modal Bangsa Aceh. Penyelenggara PIRN ialah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan pemerintah daerah, instansi lokal, media massa, maupun pihak-pihak yang memiliki kepedulian dan tujuan untuk mengembangkan budaya penelitian bagi remaja.

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun tersebut diikuti sebanyak 450 Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/sederajat dan 150 orang guru pembimbing tingkat SMA, SMK/sederajat dari berbagai daerah Indonesia.

Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto mengungkapkan, tujuan utama dilaksanakannya PIRN ialah untuk membina dan menjaring para ilmuan muda yang nantinya akan menjadi generasi penerus dalam memajukan bangsa.

 “Kegiatan PIRN telah dilaksanakan sejak 2001. Tujuan utamanya adalah untuk membina dan menjaring bibit-bibit ilmuwan muda yang kelak akan menjadi penerus untuk memajukan bangsa Indonesia,” katanya.

Bambang menjelaskan bahwa kegiatan perkemahan ilmiah remaja (PIR) sendiri dilakukan oleh LIPI dalam ruang lingkup regional dan nasional. Menurutnya, kegiatan PIR menjadi langkah efektif untuk pembinaan generasi muda agar terbiasa dengan kegiatan ilmiah.

“Dalam kegiatan PIR ini, para remaja langsung dibimbing dalam pelaksanaan penelitian dan diarahkan untuk menanamkan sikap dan perilaku scientific minded, scientific curiosity, dan scientific approach,” tutur Bambang.

Sementara itu, Kepala Biro Kerja sama, Hukum dan Humas (BKHH) LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas mengutarakan, tren generasi muda pada bidang penelitian belakangan ini tengah meningkat. Hal ini disebabkan oleh perkembangan budaya meneliti di Indonesia yang semakin baik.

“Selain didukung adanya PIR, atmosfer perkembangan budaya penelitian di kalangan remaja juga didukung adanya kelompok-kelompok karya ilmiah remaja (KIR) di berbagai sekolah, penyelenggaraan kompetisi ilmiah, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta, serta penyelenggaraan workshop maupun pelatihan semacam KIR,” paparnya.

Nur berharap, kegiatan ini mampu memperluas wawasan para remaja melalui pengayaan oleh para ilmuwan mumpuni dari LIPI. Para peserta juga dibekali dengan teori tentang metodologi penelitian dan penulisan hasil penelitian sebelum mereka terjun langsung di lapangan. Setelah itu, para peserta dibimbing melakukan penelitian dan terakhir mempresentasikan karya ilmiahnya. (yani)

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
Industry
Bekraf dan Kadin Dukung Strart-Up Lokal melalui Program Karya Merah Putih
Yani
25 July 2017 13:43
Majels
Industry
Pemerintah Fokus Kembangkan Kendaraan Hemat Energi
Yani
25 July 2017 13:12
Majels
Business
4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Bisnismu Gagal
Yani
25 July 2017 10:33
Majels
Economic
UMKM Terus Didorong untuk Naik Kelas
Yani
25 July 2017 09:13
Majels
Business
CCI Rewards Launching Hotel Reservasi Online Khusus Member
Choen
24 July 2017 15:09