web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Gunakan Layanan Transfer Uang Gratis Ini Untuk Menghemat Transaksi Bisnis Anda

Majels Syahid   25 April 2018 10:58

News

Majels.com – Saat ini, kegiatan transaksi keuangan sudah sangat lazim dilakukan secara non tunai menggunakan metode transfer bank, pulsa, atau uang elektronik. Transaksi menggunakan metode transfer bank banyak dipilih karena praktis, aman, dan nyaman. Terlebih lagi perkembangan internet membuat transaksi bisa dilakukan dengan internet banking atau mobile banking sehingga tidak perlu lagi datang ke bank atau ATM.

Namun, kemudahan tersebut menyisahkan satu masalah kecil yaitu biaya transfer yang dibebankan untuk transaksi yang berlainan bank. Biaya transfer tersebut berbeda-beda tergantung kebijakan setiap bank. Umumnya, sekitar Rp6.500. Meskipun terlihat kecil, namun bila dikalikan dengan puluhan atau bahkan ratusan transaksi, nilainya akan menjadi besar, bukan?

Bagi seorang pengusaha, biaya transfer tersebut cukup banyak bila dijumlahkan untuk setiap transaksinya mengingat kegiatan transaksi yang cukup padat. Untungnya, ada sekelompok anak muda di Depok, Jawa Barat yang menciptakan aplikasi untuk menghemat biaya transaksi antar bank.

Layanan tersebut bernama Flip.com yang mengusung fasilitas transfer antarbank dengan biaya yang lebih murah bahkan gratis. Ada dua jenis layanan yang diterapkan oleh Flip yakni Flip Reguler dan Big Flip. Pada Flip Reguler, pengguna tidak dikenakan biaya sama sekali dengan catatan transaksinya dibawah nominal Rp5.000.000 perhari. Jumlah transaksinya pun dibatasi hanya 1-100 transaksi saja perbulan.

Sementara itu, untuk transaksi yang nominal dan kuantitasnya lebih besar dapat menggunakan Flip versi bisnis yang dikenakan biaya tertentu. Mereka mengklaim biaya yang bisa dihemat dari menggunakan Flip versi bisnis tersebut dapat mencapai 60%. Selain itu, Flip juga menyediakan pembuatan transaksi secara manual dengan multi input di dashboard sampai pembuatan transaksi dengan menggunakan API yang terintegrasi langsung dengan sistem bisnis.

Layanan ini diciptakan oleh tiga orang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yaitu Ari, Ginajar Ibnu Solikhin, dan Luqman Sungkar. Awalnya, mereka penggunanya pun hanya dari teman-teman mahasiswa di Universitas Indonesia saja. Pertama kali layanan ini diluncurkan, sistemnya pun masih sangat sederhana, di mana mereka hanya membuat website yang berisi informasi mengenai layanan, kemudian pengunjung web diarahkan ke Google Form.

Pada November 2015, mereka melakukan pengembangan website dengan mulai menerapkan sistem otomatis untuk setiap layanan. Kepopuleran Flip kian meluas hingga Bank Indonesia mendengar juga. Mereka pun ditelepon oleh BI dan diminta mempresentasikan layanannya. Setelah itu, mereka diminta untuk megurus segala perizinannya agar data dan transkasi pelanggan dapat dipertanggung jawabkan. Kini, Flip telah resmi terdaftar di Bank Indonesia dan melayani ribuan transkasi tiap bulannya. (teks:syahid)

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09