web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

#HowTo

Ini Alasan Mengapa Facebook Masih Jadi Sarana Efektif Untuk Memasarkan Produk

Majels Syahid   13 December 2017 12:46

How To

majels.com - Facebook merupakan raksasa jejaring sosial terbesar di dunia dengan basis pengguna mencapai 1,55 miliar. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke 4 di dunia sebagai pengguna terbanyak berdasarkan laporan We Are Social dan Hootsuite yang dirilis di LinkedIn, Jumat (21/4/2017). Jumlah pengguna facebook di Indonesia berdasarkan laporan tersebut  mencapai 111 juta.

Sementara itu, laporan terbaru per April 2017 menunjukkan peningkatan yang signifikan, yakni mencapai 115 juta pengguna dari Indonesia. Jumlah sebanyak itu sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. Meskipun sekarang sudah banyak media sosial lain yang lebih digemari anak muda seperti Line dan Instagram, namun Facebook masih tetap jadi pasar yang menggiurkan bagi para pelaku usaha. Berikut ini, beberapa alasan mengapa jejaring sosial yang bermarkas di Menlo Park, California, Amerika Serikat ini wajib Anda pakai untuk memasarkan produk Anda.   

Potensi Pasar Sangat Luas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Facebook merupakan pasar yang sangat besar. Menurut Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, yang dikutip dari liputan.com pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia mencapai 40 persen setiap tahunnya. Dari total pengguna Facebook yang terdaftar, 97 persen diantaranya terhubung dengan smartphone.

Baca juga: 5 Trik Marketing Murah Meriah untuk Skala UKM

Iklan Yang Lebih Tertarget

Beriklan di media digital memberikan keutungan berupa iklan yang bisa diarahkan ke segemntasi calon konsumen yang lebih spesifik. Bandingkan dengan jika Anda misalnya, mengiklankan produk di televisi, dengan budget yang besar, Anda bisa mengiklankan produk ke jutaan pemirsa, tetapi Anda tidak akan tahu kepada siapa saja iklan tersebut diterima.

Di Facebook, kita bisa membuat iklan yang khsusus ditujukan kepada konsumen berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, hobi, latar belakang pendidikan, hingga masih banyak filter lainnya yang membuat iklan Anda lebih efektif. Dengan cara ini, budget yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. Dari semua jejaring sosial media yang ada, Facebook memiliki fitur filter ini yang paling lengkap.

Mengapa Facebook bisa melakukan itu semua? Karena Facebook telah mengumpulkan data pribadi pengguna sejak seseorang mendaftarkan diri di Facebook. Hal inilah yang disebut-sebut surga bagi para pengiklan di mana mereka mendapatkan pasar yang sudah terpetakan dengan baik.

Goal Conversion Yang Beragam

Kembali lagi ke iklan media non digital seperti televisi. Di media seperti itu, Anda mungkin sulit untuk mengukur seberapa besar pengaruh iklan tersebut terhadap penjualan produk Anda. Di dunia digital marketing, ini menjadi lebih mudah dengan adanya fitur-fitur iklan yang bisa menargetkan goal conversion untuk produk Anda. Goal conversion dapat diartikan sebagai tindakan yang kita harapkan saat mengetahui iklan kita, misalnya mengunjungi website, berlanggan berita, membeli produk, menginstal aplikasi, mengisi formulir dan masih banyak lagi.

Baca juga: 6 Jenis Iklan Facebook Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Mengintai Kompetitor Bisnis

Di Fan page Facebook terdapat fitur yang dapat memonitoring perkembangan akun bisnis kompetitor kita. Anda bisa melihat perkembangan jumlah likes, jangkauan dan data umum lainnya milik kompetitor Anda. Dengan begitu, kita bisa mempelajari bagaimana efektivitas strategi yang dijalankan oleh kompetitor.

Biaya Iklan Yang Murah

Di Facebook, Anda bisa memulai iklan pertama Anda dengan harga puluhan ribu rupiah saja. Biaya ini tentu sebanding dengan besaran target konsumen yang bisa dicapai. Semakin besar budget iklannya, maka semakin luas target pasar yang bisa diraih. Metode pembayarannya pun sekarang jauh lebih mudah daripada beberapa tahun sebelumnya.(teks:syahid)

Gambar: 10plusmedia.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09