× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Inilah Cara Mudah dan Murah jadi Importir

Majels Syahid   07 March 2018 11:46

News

majels.com – Dalam dunia bisnis, banyak cara bisa dilakukan agar mampu memenangkan persaingan dengan kompetitor. Cara tersebut bisa dilakukan dengan memberikan kualitas produk yang lebih baik atau memberikan harga produk yang murah. Cara lainnya dengan mengkombinasikan kedua hal tersebut. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya memenangkan persaingan bisnis dengan kompetitor melalui harga yang lebih murah.

Pada bisnis perdagangan, konsep sederhana yang umum diketahui yaitu bagaimana caranya kita mendapatkan barang dengan semurah mungkin lalu kita jual lagi dengan harga yang tinggi. Cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan harga yang semurah mungkin yaitu dengan mendatangi langsung produsennya.

Sementara itu, kita tahu, Cina merupakan negara produsen untuk hampir segala jenis barang yang dijual di pasaran saat ini. Dari mulai alat rumah tangga, aneka furnitur, produk-produk elektronik, aksesori, pakaian, sampai mainan anak diproduksi oleh Cina. Barang-barang yang diproduksi di sana terkenal dengan harganya yang murah meskipun kualitas barangnya sering dianggap tidak lebih baik daripada produk Jepang atau negara-negara barat.

Keuntungan menjadi Importir

Dengan mengimpor barang dari negeri Tiongkok, kita akan mendapatkan beberapa keuntungan. Pertama, kita akan mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah. Tahukah Anda bahwa barang-barang produksi Cina yang kita pakai sehari-hari harganya bisa berkali-kali lipat lebih murah dari negeri asalnya. Bahkan, ada beberapa produk dari Cina yang harganya 10 kali lipat lebih murah. Dengan harga dari Cina yang murah tersebut, artinya kita memiliki margin keuntungan yang besar pula. Margin yang bisa kita terima bisa berkisar antara 100% hingga 1000% besarnya.

Kedua, kita juga bisa mendapatkan barang-barang unik, yang masih jarang ditemukan di Indonesia. Jangan sangka, bila Cina juga kerap membuat inovasi produk yang menarik. Banyak sekali barang-barang unik ciptaan dari vendor-vendor China yang terbilang langka di Indonesia. Dengan menjual barang-barang yang unik tersebut, tidak banyak kompetitor yang menjual barang serupa di Indonesia.

Harus diakui bahwa untuk menjadi importir bukanlah perkara yang mudah. Banyak dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan untuk bisa mendatangkan barang dari luar negeri. Belum lagi, kita harus jeli dalam memilih mana produsen atau distributor di luar negeri yang dapat kita percaya. Salah-salah kita justru menjadi korban penipuan.

Selain itu, kita juga tidak bisa membeli barang dari luar negeri dalam jumlah sedikit. Kita harus membelinya secara grosir. Hal tersebut membuat modal yang diperlukan untuk menjadi importir terbilang cukup besar.

Bergabung dengan Komunitas

Karena itu, untuk menjadi importir juga memerlukan ilmu yang cukup dalam. Ilmu tersebut bisa kita dapatkan dari buku, tutorial di internet atau mencoba cara yang lebih efektif yaitu bergabung di komunitas para importir. Salah satu komunitas importir yang cukup terkenal adalah importir.org.

Anda bisa mengikuti seminar yang digelar di beberapa kota di Indonesia. Pembahasannya meliputi cara mengimport barang dari luar negeri, memilih strategi pembayaran yang aman, pengiriman barang, sampai belajar menganalisa produk apa yang akan diminati oleh konsumen di Indonesia. Bahkan, komunitas ini juga mengajak pesertanya untuk berkunjung langsung ke negara-negara produsen untuk memberikan pengalaman langsung bertemu dengan produsen di sana.

Cara lebih mudah lagi, Anda bisa bergabung di importir.net yang masih menjadi bagian dari importir.org. Di website ini kita bisa membeli barang dari luar negeri dalam jumlah sedang, tidak perlu dalam jumlah besar seperti bila Anda membelinya secara mandiri. Caranya adalah dengan bergabung dengan orang-orang yang ingin membeli barang serupa di portal importir.net

Anda bisa mendaftarkan diri secara gratis di importir.net. Setelah itu, Anda akan diminta melakukan konfirmasi email. Setelah berhasil mendaftar silakan login ke situsnya, Anda akan mendapatkan catalog barang yang sedang “ready stock” atau

Misalnya, Anda ingin mengimpor case handphone, Anda cukup memesan barang tersebut di dalam website dalam jumlah tertentu, mengirim uang sesuai pesanan lalu tunggu orang lain juga order. Setelah kuantitas order sudah memenuhi batas minimal pemesan, importir.net kemudian menindaklanjuti hal tersebut dengan mulai mengimpor case handphone.

Inilah konsep crowdfunding yang diperkenalkan oleh importir.net di mana semua orang bisa mengimpor barang tanpa takut dengan birokrasi yang menyusahkan, atau terkendala kuantitas barang yang di pesan tidak terlalu banyak. (teks:syahid)

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09