× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Business

Kemenkop dan UKM Apresiasi Kehadiran ‘buatkontrak.com’ untuk Usaha Kecil Menengah

Majels Yani   10 February 2017 09:25

News

majels.com - Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) mengapresiasi kehadiran layanan digital www.buatkontrak.com sebagai layanan pembuatan kontrak bisnis bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Dengan adanya layanan tersebut, diharapkan pelaku UKM dapat mengerti dan terlindungi secara hukum, terutama dalam pembuatan dan penerapan kontrak bisnis dengan mitranya.

"Masih banyak pelaku UKM yang buta akan kontrak bisnis, atau segan berurusan dengan bank yang juga ada kontraknya, dan sebagainya. Kehadiran buatkontrak.com bisa membantu UKM dalam hal kontrak bisnis," kata Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS pada acara konferensi pers di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Menurut Prakoso, perlu adanya peningkatan pemahaman tentang kontrak bisnis secara intens kepada para pelaku UKM agar bisnis yang digeluti dapat berkembang dengan baik. Apalagi, pelaku UKM sudah memiliki pasar atau buyer hingga pasar di luar negeri. Nantinya, para pengusaha UKM harus menjamin pengetahuan kontrak kerja pada setiap transaksi yang ada.

"Jangan lagi para UKM alergi dengan kontrak bisnis, bercuriga terhadap kontrak bisnis, dan apa perlunya kontrak bisnis," tambahnya. Menurut dia, pelaku UKM yang akan naik kelas harus melek hukum, khususnya terkait pemahaman kontrak binis dengan pihak lain. Hal tersebut membuat para pelaku UKM terhindar dari penipuan dan melindungi usahanya.

Dalam kesempatan yang sama, Founder dan Managing Partner buat kontrak.com Rieke Caroline menjelaskan, pembentukan website ini didasari keinginan yang kuat untuk memberi perlindungan hukum kepada mitra UKM karena keterbatasan terhadap akses hukum yang mereka butuhkan.

"Bila selama ini kita mengenal Fintech, ini disebut Legaltech. Yaitu, memadukan hukum dan teknologi yang pertama di Indonesia untuk melayani kebutuhan hukum pelaku UKM," kata Rieke.

Rieke mengungkapkan, seringkali pelaku UKM menomorduakan kontrak bisnis yang pada akhirnya justru menjadi bumerang untuk usaha yang dijalani, hingga akhirnya terjerat oleh sengketa hukum akibat ketidaktahuan akan kontrak bisnisnya. (teks: yani)

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09