× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Keuntungan Memulai Usaha Di Usia Muda

Majels Syahid   05 April 2018 10:44

News

Majels.com – Masa depan harus dipersiapkan sejak sedini mungkin. Karena itulah kita belajar ilmu pengetahuan di bangku sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Semuanya semata-mata karena kita mengharapkan penghidupan yang lebih baik di masa depan. Banyak jalan untuk mencapai kesuksesan, salah satunya dengan menjadi seorang wirausahawan.

Namun, wirausahawan tampaknya belum menjadi cita-cita oleh sebagian besar anak-anak Indonesia. Saat ditanya apa cita-cita mereka, pasti menjawab dengan mengatakan ingin menjadi polisi, tentara, guru dan pekerjaan-pekerjaan yang mereka sudah kenal. Selain itu, motivasi seseorang ingin menjadi wirausaha lebih sering karena bosan menjadi karyawan, dipecat, atau karena terpaksa menjadi karyawan.

Sebenarnya, kesadaran terhadap pentingnya kewirausahaan harus ditanamkan sejak kecil. Meskipun seseorang sudah nyaman sebagai karyawan, ia pun sebenarnya harus memahami dunia kewirausahaan sebagai bekal sewaktu pensiun atau ketika sewaktu-waktu keluar dari perusahaan. Beruntunglah bagi Anda yang sudah menjadi wirausahawan sejak usia muda karena ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. Berikut keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memulai usaha sejak usia muda.

Beban Hidup Masih Rendah

Sumber gambar: Unplash

Anak muda masih relatif lebih mudah beban kehidupannya. Ia belum memikirkan bagaimana caranya agar bisa menafkahi anak dan isteri seperti orang tuanya. Karena itu, kesempatan untuk mengeksplorasi dan mencoba-coba bidang usaha masih cukup mudah untuk dilakukan. Hal tersebut, akan berbeda ceritanya bila memulai usaha ketika sudah punya isteri atau suami.

Katakanlah Anda sekarang berumur 20 tahun, dan orang tua pun belum membebani Anda untuk segera mencari uang. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha dengan modal yang Anda sisihkan dari uang jajan. Bila cukup pandai mengatur keuangan, Anda pasti bisa melakukannya.

Punya Jaringan Pertemanan yang Luas

Sumber gambar: Unplash

Usia muda adalah usia ketika Anda sedang senang-senangnya untuk menjalin pertemanan, baik itu di sekolah, lingkungan rumah, atau lingkungan komunitas. Kesempatan ini membuat Anda memiliki jaringan pertemanan yang luas, yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan untuk membangun bisnis. Salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk, apapun itu, adalah dengan pemasaran mulut ke mulut.

Bila Anda memiliki jaringan pertemanan yang luas, tentu hal tersebut akan sangat membantu. Beda halnya ketika sudah dewasa, atau sudah berumah tangga. Teman sekolah sudah jauh, sahabat lama pun sesekali datang. Lingkaran pertemanannya sebatas lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja.

Penguasaan terhadap Teknologi yang Lebih Baik

Sumber gambar: Unplash

Bisnis apapun, saat ini menuntut penguasaan teknologi, baik untuk sektor produksi, maupun untuk sektor pemasarannya. Sebagai anak muda, apalagi yang lahir ketika teknologi sudah berkembang atau yang sering disebut sebagai generasi millennial, Anda punya kesempatan yang jauh lebih baik untuk belajar dan mengusainya.

Pengusaan terhadap teknologi tersebut dapat Anda pergunakan seluas-luasnya untuk kepentingan bisnis Anda. Anda masih cukup banyak waktu untuk mempelajari bagaimana social media marketing itu agar berjalan efektif, membuat website untuk toko online, membangun list email dan sebagainya. Materi pembelajarannya pun bisa Anda dapatkan secara gratis dan lengkap di internet. Semuanya tergantung pada kemauan Anda sendiri.

Menghabiskan Jatah Gagal

Sumber gambar: Unplash

Kegagalan mungkin sudah menjadi teman dekat pengusaha. Ada banyak sekali pengusaha yang harus berganti-ganti usaha, mengalami kerugian beberapa kali sampai akhirnya menemukan usaha yang pas dengannya, usaha yang kemudian akan menjadi besar. Ketika Anda gagal dalam berbisnis, bukan berarti Anda tidak bisa berbisnis. Itu hanya karena Anda punya daftar kegagalan yang harus dilewati.

Bila Anda memulai usaha sejak muda, Anda masih punya cukup waktu untuk menghabiskan jatah kegagalan tersebut. Mulai usaha, kemudian gagal, mulai lagi dan gagal lagi. Teruskan saja, karena pasti ada satu titik di mana Anda akhirnya menemukan usaha yang benar-benar Anda inginkan.

Mendapatkan Kesuksesan Lebih Dulu

Sumber gambar: Unplash

Dengan menjadi wirausahawan sejak dini membuka kesempatan untuk Anda untuk meraih kesuksesan lebih dulu. Menjadi wirausahawan selain siap mendapatkan kegagalan, juga siap berpeluang untuk menghasilkan uang yang jauh lebih besar daripada hanya sebagai karyawan.

Rata-rata, seorang fresh graduate akan mendapatkan gaji setara UMR lalu butuh satu dua tahun untuk meningkat gajinya. Setelah itu, berharap agar dapat kenaikan gaji dan bonus setiap tahunnya, sementara kebutuhan juga semakin bertambah. (teks:syahid)

Gambar: Unplash

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09