web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Kiat Agar Bisnis Sepatu Lukis Bernilai Tinggi

Majels Syahid   11 January 2018 16:23

News

Majels.com – Bagi Anda yang memiliki hobi melukis, tak ada salahnya bila mencoba bisnis lukis sepatu yang satu ini. Bisnis ini sudah mulai menjadi tren sejak beberapa tahun belakangan seiring dengan perubahan pola konsumen yang lebih menyukai barang-barang custom. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, tetapi memiliki nilai omzet yang tinggi. Namun, bisnis ini sangat mengandalkan kemampuan pribadi untuk membuat lukisan di media sepatu.

Tahun lalu, eMajels pernah membahas bisnis lukis sepatu dari seorang pelukis bernama Desiree Sitompul pada eMajels edisi November 2017. Desiree mampu meraup untung hingga puluhan juta rupiah setiap dari menjual sepatu lukis. Namun, ia juga menerima pesanan lukisan pada media lainnya seperti kaos, tas, bahkan koper.

Perbedaan yang cukup mencolok dari produk lukisan sepatu yang dihasilkan Desiree adalah nilai seninya yang tinggi. Di tempat lain, bisnis sepatu lukis custom memang sudah bisa ditemui, namun biasanya menggunakan sablon sehingga harganya pun relatif lebih rendah. Bagaimana kah kiat-kiat Desiree dalam menghasilkan omzet jutaan rupiah dari bisnis sepatu lukis? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Tentukan Siapa Segmentasi Konsumen Produk Anda

Langkah pertama ini penting, yaitu menentukan segmentasi konsumen produk Anda. Pada umumnya, bisa dikatakan ada dua jenis konsumen dalam bisnis semacam ini. Pertama, konsumen menengah atas yang membeli produk sepatu lukisan karena bernilai seni tinggi. Kedua, konsumen kelas menengah dan menengah ke bawah yang hanya menginginkan produk custom.

Sepatu lukis yang Desiree buat cenderung ditargetkan untuk segmentasi pasar yang menengah atas. Ia membuat setiap lukisannya sama seperti ketika melukis di kanvas. Detail lukisan hingga style melukisnya hampir sama dengan lukisan kavas sehingga ketika seseorang membeli sepatu lukis, sama saja dengan membeli sebuah lukisan di kanvas. Harga yang ditawarkan bisa mencapai 1 juta hingga 2 juta rupiah, tergantung pada tingkat kesulitannya.

Baca juga:

Berbeda dengan yang dibuat Desiree, ada juga beberapa pelaku usaha yang membuka jasa lukis sepatu dengan membandrol harga pada kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu saja. Jenis lukisannya tentu berbeda, biasanya hanya berupa gambar-gambar animasi. Nah, bila Anda mencoba bisnis ini sebaiknya menentukan dulu segmentasi pasar yang coba Anda sasar.

2. Bangun Citra Sebagai Seorang Seniman, Bukan Hanya Penjual Jasa Lukis

Poin kedua ini masih terkait dengan poin pertama. Bila Anda membangun citra sebagai seorang seniman, Anda akan dihargai atas seni yang Anda ciptakan. Sementara bila hanya sebatas penjual jasa lukis, Anda pun akan dihargai sebatas itu. Membangun citra itu salah satunya dengan portofolio yang Anda buat.

Bisnis semacam ini tentu saja membutuhkan portofolio. Anda tidak mungkin bisa menyakinkan kepada orang-orang bahwa Anda memiliki kemampuan melukis yang bagus jika tidak menunjukkan hasil karya Anda. Buatlah terlebih dahulu contoh lukisan sepatu Anda lalu promosikan di media sosial.

3. Yang Mahal Adalah Daya Kreasi Lukisan Bukan Sepatunya

Untuk dapat menjual sepatu lukisan dengan harga yang tinggi, harus dimulai dengan membangun citra diri kita sebagai pelukis itu sendiri. Desiree memang mengawali karir sebagai pelukis dan merambah ke media lain seperti sepatu sejak memenuhi keinginan sang anak. Ia mematok harga yang tinggi karena memang yang Ia jual adalah seni dalam melukisnya.

Lukisan-lukisan yang dibuat seringkali memiliki tingkat kerumitan yang tinggi sehingga harganya pun menjadi lebih mahal daripada lukisan sepatu lain yang banyak dijual di pasaran. Ia mengaku mematok harga yang tinggi salah satunya untuk memastikan bahwa orang-orang yang memesan lukisan sepatunya memang serius memesan. (teks:syahid)

Gambar: eMajels

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Konten Insta Stories ini Bisa Anda Terapkan untuk Tingkatkan Engagement
Syahid
26 April 2018 18:04
Majels
News
Mayday Madness 2018 Komitmen Hindari Fake Discount
Syahid
26 April 2018 14:44
Majels
News
Peluang Bisnis Rental Perlengkapan Bayi
Syahid
25 April 2018 16:20
Majels
News
Gunakan Layanan Transfer Uang Gratis Ini Untuk Menghemat Transaksi Bisnis Anda
Syahid
25 April 2018 10:58
Majels
News
4 Tips Dasar Membuat Gambar untuk Facebook Ads
Syahid
24 April 2018 15:05