web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Kiat Bersaing dengan Sesama Waralaba

Majels Syahid   06 June 2018 10:50

News

Majels.com – Dalam satu dekade belakangan ini, bisnis waralaba atau yang dikenal juga sebagai franchise sangat marak di Indonesia. Bila dahulu, bisnis waralaba masih dikuasai oleh pemain-pemain besar terutama dari luar negeri, kini waralaba juga banyak dilakukan oleh pengusaha kelas menengah. Ayam goreng krispi misalnya, dahulu orang mungkin hanya mengenal merek seperti KFC, McD. Kini, orang juga mengenal merek ayam goreng seperti Sabana dan sebagainya.

Maraknya bisnis waralaba turut pula meramaikan persaingan sehingga menjadi lebih kompetitif. Bila sebuah produk muncul franchisenya, maka tak lama berselang dari kemunculannya akan ada franchise baru dengan produk serupa yang muncul. Perbedaanya bisa pada harga maupun variasi produknya. Lantas, bagaimana kiat dalam menghadapi persaingan pada bisnis franchise itu sendiri.

Konsisten Menjaga Kualitas

Apapun produknya kualitas menjadi hal utama pada bisnis. Terlebih lagi, pada franchise yang punya merek sehingga orang akan bisa dengan segera menilai apakah sebuah produk makanan franchise A enak atau tidak. Hal terpenting dari sini adalah memastikan kualitas produknya sama di setiap cabang yang kamu punyai.

Quality Control perlu dilakukan secara berkala baik meninjau langsung atau mengawasi dengan serius pengiriman bahan baku. Beberapa franchise makanan bahkan memproduksi sendiri bumbu makanan lalu dikirim ke masing-masing franchisee agar memastikan kualitasnya tetap terjaga.

Punya Keunikan

Keunikan menjadi cara lain agar produk kamu tetap diminati oleh konsumen. Pada bisnis franchise, satu jenis produk sangat mungkin punya persaingan dengan beberapa merek yang sejenis. Membuat produk yang sedikit punya keunikan akan membantu produk kamu lebih diminati oleh konsumen. Usahakan agar ada inovasi namun tidak menghilangkan esensi dari produk utamanya itu sendiri.

Kamu bisa membuat menu untuk edisi spesial yang hanya keluar pada saat tertentu saja. Ini bisa dilakukan untuk menggaet konsumen yang sudah pernah mencoba produk kamu.

Fokus Pada Kelasnya

Hal ketiga pahami di mana posisi bisnis kamu berada. Apakah kamu menargetkan bisnis untuk menengah ke bawah, menengah dan menengah atas atau seperti apa. Sebaiknya, bila sudah mempunyai franchise, maka kelas bisnis kamu seharusnya meningkat dengan menargetkan kelas menengah dan menengah atas.

Produk yang berada di kelas menengah ke bawah akan sangat banyak sekali, baik yang dilakukan dengan franchise atau usaha mandiri. Misalnya kamu mempunyai bisnis Mie Aceh, maka ketika kamu sudah mulai mewaralabakan bisnisnya, maka perlahan kamu tingkatkan bisnisnya hingga seperti restoran. Sedikit demi sedikit targetkan agar bisa masuk ke mall besar. (teks:syahid)

Gambar: Qraved.co

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Produksi 100 Ribu Pieces Kaus Anak
Syahid
22 June 2018 16:23
Majels
News
Tambah Penghasilan dengan Jadi Agen Produk Digital Tokopedia
Syahid
22 June 2018 13:54
Majels
News
Sukses Bisnis Bubur Bayi Sehat Berkat Pengalaman Pribadi
Syahid
21 June 2018 16:35
Majels
News
Tips Usaha Restoran Berkonsep Tradisional
Syahid
21 June 2018 14:38
Majels
News
8 Prinsip Utama Manajemen Mutu Ini Wajib Anda Ketahui
Syahid
20 June 2018 17:16