web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Kolam Bulat, Solusi Ternak Lele dengan Lahan Sempit

Majels Syahid   17 April 2018 15:15

How To

 

Majels.com – Bisnis di bidang perikanan khususnya untuk ikan konsumsi merupakan bisnis yang menggiurkan lantaran kebutuhannya yang selalu ada. Berbeda dengan ikan hias yang hanya disukai oleh kalangan tertentu saja, ikan konsumsi dibutuhkan oleh hampir semua orang. Salah satu ikan konsumsi yang cukup banyak diminati adalah lele.

 

Untuk membudidayakan lele, diperlukan lahan yang cukup untuk membuat kolamnya. Biasanya, orang membuat kolam dengan menggali tanah menjadi kolam alami atau membuat kolam kotak di atas tanah menggunakan terpal dengan kayu sebagai rangkanya. Ada juga yang membuat kolamnya secara permanen dengan beton.

 

Seiring dengan perkembangan zaman, budidaya lele pun kini semakin variatif dan modern. Permasalahan kolam lele dapat diatasi dengan memakai kolam berbentuk bulat sehingga lebih efisien. Ada sejumlah keuntungan menggunakan jenis kolam bulat.

 

Kolam bulat dapat menampung lebih banyak bibit lele. Padat terbar lelenya mencapai 700 ekor lele/meter kubik. Hal tersebut membuatnya lebih baik daripada kolam yang berbentuk kotak atau persegi panjang.

 

Kolam berbentuk bulat juga diklaim membuat ikan lebih sehat dan tumbuh secara merata. Hal itu disebabkan karena persebaran oksigen yang lebih merata daripada kolam kotak. Dengan bentuknya yang kotak dengan pembuangannya yang terpusat di tengah, membuat pembuangan dan pengisian lebih mudah.

 

Untuk memulai usaha budidaya ikan di kolam terpal tidak membutuhkan dana atau modal awal yang besar, serta perlengkapan pembuatan kolam pun lebih mudah dan menghemat waktu dibandingkan membuat kolam tanah dan kolam batako.

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09