web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Katering

Majels Syahid   04 January 2018 15:43

News

majels.com – Bisnis katering memang bukanlah bisnis yang baru, bisnis ini sudah digeluti banyak orang sejak lama. Bahkan, putra sulung Presiden Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming pun menggeluti bisnis ini sebelum sukses dengan bisnis martabaknya. Banyak hal yang membuat bisnis katering ini menjadi menarik, salah satunya karena permintaan yang terus ada. Bisnis katering terus hidup seiring dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan masyarakat seperti pesta pernikahan, acara ulang tahun, seminar dan masih banyak lainnya.

Pengelolaan katering tidak membutuhkan tempat khusus, jika dapur dan rumah Anda cukup besar, Anda pun sudah bisa membuka jasa katering untuk tempat tinggal Anda sendiri. Dengan berbekal kemampuan memasak yang memadai, Anda bisa memulai bisnis yang beromzet cukup besar ini. Berikut ini, langkah-langkah yang bisa dilakukan bila hendak memulai bisnis katering.

1. Cintai Dulu Dunia Memasak

Sumber gambar: unsplash.com

Bisnis katering erat kaitannya dengan cita rasa yang membuat konsumen menjadi tertarik dengan jasa yang Anda tawarkan. Memasak bukan perkara mencampurkan bahan makanan dan bumbu-bumbunya saja, tetapi membutuhkan sentuhan rasa dari pembuatnya. Idealnya, ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis ini, Anda merupakan orang yang memiliki ketertarikan terhadap dunia kuliner.

2. Punya Keterampilan Memasak Dalam Porsi Besar

Sumber gambar: unsplash.com

Selanjutnya, yang dibutuhkan adalah keterampilan dalam memasak itu sendiri. Bukan memasak dalam jumlah kecil, namun memasak jumlah porsi yang banyak. Hal ini tidaklah mudah dan harus dipelajari dengan baik. Keterampilan lain adalah mampu mengkalkulasikan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi pesanan dalam jumlah tertentu. Oleh karenanya, Anda pun harus mengetahui betul harga bahan-bahan makanan yang dijual saat ini.

3. Tentukan Jenis Katering Yang Dapat Anda Terima

Sumber gambar: unsplash.com

Ada beberapa jenis katering yang ada saat ini, masing-masing tentu memiliki jenis makanan atau karakteristik yang berbeda. Ada katering hajatan, katering rumahan, katering kantoran atau katering makanan untuk bekal anak. Mulailah menentukan jenis katering mana yang akan Anda tangani. Fokus pada satu atau dua jenis katering terlebih dahulu itu lebih baik.

Baca juga:

4. Siapkan Modal

Sumber gambar: unsplash.com

Modal pertama yang harus Anda siapka yakni peralatan dampur. Pastikan Anda sudah memiliki peralatan dampur yang cukup untuk mengerjakan pesanan dari pelanggan. Pastikan juga agar perlatan yang Anda miliki tersebut mampu untuk mengerjakan pesanan dalam jumlah banyak. Selain itu, Anda juga harus menyediakan anggaran untuk membeli bahan-bahan masakan sendiri. Biaya yang dibutuhkan untuk itu beragam, tergantung dengan jenis kateringnya.

5. Jalin Relasi Dengan Supplier

Sumber gambar: unsplash.com

Point yang kelima ini penting agar Anda mendapatkan bahan makanan yang bisa lebih murah daripada membeli di pasaran. Jika Anda berada di wilayah yang masih pedesaan misalnya, Anda bisa bekerjasama langsung dengan petani untuk mendapatkan bahan masakan yang butuhkan secara langsung. Ini akan menghemat ongkos produksi katering Anda.

Baca juga:

6. Lakunlah Promosi Yang Tepat

Sumber gambar: techinasia.com

Bisnis katering memang tidak memerlukan tempat yang strategis karena yang dibutuhkan dalam bisnis ini hanyalah dapur untuk memasak. Namun, hal itu jangan sampai membuat usaha Anda tidak terlihat oleh orang lain. Buatlah papan nama di depan rumah atau di tempat stategis untuk memberitahukan bisnis katering Anda.

Manfaatkan juga internet terutama media sosial untuk memasarkan jasa katering. Anda bisa mencontoh sebuah startup katering bernama Kulina yang sukses menyediakan makan siang bagi ribuan pekerja kantoran di Jakarta. (teks:syahid)

Gambar: elina.id

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Konten Insta Stories ini Bisa Anda Terapkan untuk Tingkatkan Engagement
Syahid
26 April 2018 18:04
Majels
News
Mayday Madness 2018 Komitmen Hindari Fake Discount
Syahid
26 April 2018 14:44
Majels
News
Peluang Bisnis Rental Perlengkapan Bayi
Syahid
25 April 2018 16:20
Majels
News
Gunakan Layanan Transfer Uang Gratis Ini Untuk Menghemat Transaksi Bisnis Anda
Syahid
25 April 2018 10:58
Majels
News
4 Tips Dasar Membuat Gambar untuk Facebook Ads
Syahid
24 April 2018 15:05