web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Langkah Sederhana Membuka Restoran

Majels Syahid   08 January 2018 20:09

News

Majels.com – Usaha restoran dari segi bisnis memang sangat menjanjikan. Bisnis kuliner memang tidak ada matinya karena kuliner merupakan kebutuhan dasar manusia. Di kota-kota besar, kuliner tak hanya jadi soal untuk memenuhi isi perut semata, tetapi sudah menjadi trend gaya hidup. Masyarakat di perkotaan berlomba untuk mencoba menu-menu masakan baru, terkadang rela antri berjam-jam untuk mendapatkan menu makanan yang sedang ngetren.

Melihat potensi pasarnya yang begitu terbuka, banyak orang yang tertarik untuk membuka restoran sendiri. Banyak diantaranya yang menangguk untung dengan omzet puluhan hingga ratusan juta perhari. Namun tak sedikit diantara mereka yang gagal karena salah langkah dan strategi. Bagaimana sebenarnya kiat-kiat dalam bisnis restoran ini?

1. Melakukan Survei Pasar

Survey pasar penting dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Selain itu survey juga dilakukan untuk mengetahui harga, menu, sampai strategi yang pas untuk mambuka restoran. Dalam melakukan survey, ada baiknya untuk mempelajari pola-pola yang dilakukan oleh restoran yang sudah mapan sehingga bisa belajar dari kesuksesan mereka. Dari sisi “dapur”, survey dilakukan untuk mengetahui pemasok bahan makanan yang tepat, yang memiliki harga bersaing namun kualitasnya baik.

2. Cari Lokasi Yang Strategis

Lokasi menjadi hal terpenting setelah kualitas masakan yang disajikan. Lokasi yang berada di dekat keramaian atau di lokasi-lokasi yang strategis di mana banyak sekali orang melakukan mobilitasnya sehari-hari berpontensi meraih kesuksesanan. Dalam memilih lokasi, pertimbangkan juga budget yang Anda miliki. Lokasi-lokasi yang strategis, memang seringkali memiliki harga yang tidak murah.

3. Susun Anggaran Sebaik Mungkin

Dalam membangun bisnis restoran, ada banyak sekali variabel yang harus diperhitungkan. Mulai dari sewa tempat, peralatan masak, dekorasi, gaji karyawan, promosi dan sebagainya yang memerlukan perhitungan matang. Lakukanlah perhitungan yang sedetail mungkin untuk merumuskan anggaran modal awal dan modal operasional restoran.

4. Kerjasama Dengan Pemasok

Anda akan membutuhkan supplier untuk memasok kebutuhan restoran. Ada baiknya Anda bekerjasama dengan pihak-pihak yang dapat memasok langsung dari petani sehingga harganya bisa dibawah harga pasaran. Dalam memilih supplier, kita harus jeli untuk memastikan bahan makanan yang diolah terjamin kualitas dan kebersihannya.

Gambar: cloudfront.net

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54