web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Membangun Usaha Bersama Sahabat

Majels Syahid   11 July 2018 16:56

News

Majels.com – Membangun usaha akan lebih mudah bila dilakukan atas dasar passion atau kecintaan pada suatu bidang tertentu. Selain itu, memiliki patner bisnis yang sudah dekat secara personal juga menjadi salah satu keuntungan. Cukup banyak kisah usaha yang dibangun oleh orang-orang yang sudah bersahabat sejak lama, bahkan sejak kecil. Pertemanan mereka pun menjelma tidak lagi seperti pertemanan biasa, tetapi sudah menjadi pertemanan kerja, bersama-sama membangun usaha.

Seperti pendiri brand fesyen asal Indonesia, Cottonink yang dibangun oleh dua orang sahabat, Ria Sarwono dan Carline Darjanto. Mereka sudah bersahabat sejak SMP dan ketika dewasa, mereka sepakat untuk membangun Cottonink. Mereka sukses membangun Cottonik, sebuah brand fesyen kecil 10 tahun lalu menjadi salah satu brand yang selalu diperhitungkan di dunia mode.

Ada juga tiga anak muda bernama Dipa, Kuncoro, dan Dave yang sukses membangun coffe shop Three Folks. Setahun setelah peluncurannya, mereka berhasil membuat satu cabang lagi dan satu franchise. Hampir sama dengan Careline, mereka pun sudah bersahabat sejak lama.

Membangun bisnis bersama sahabat tentu hal yang menyenangkan. Keuntungannya, masing-masing pribadi sudah cukup mengenal satu sama lain. Hal ini berimbas pada bagaimana mereka mengembangkan usahanya. Komunikasi pun bisa berjalan cukup baik karena sebelumnya pun sudah dekat.

Namun, yang perlu diperhatikan saat membangun bisnis bersama sahabat adalah untuk bekerja secara profesional. Hubungan pertemanan yang mungkin saja naik turun seharusnya tidak mengurangi profesionlisme satu sama lain di dunia kerja. Selain itu, karena sudah menjalin hubungan sebelum memulai bisnis, seharusnya kedua belah pihak bisa saling memahami karakter masing-masing.

Yang lebih penting lagi yaitu pembagian job desk yang jelas dan dipahami satu sama lain menjadi kunci yang harus dipegang. Karakter dua sahabat yang berbeda akan lebih baik bila saling mengisi pada bisnis yang dijalani.

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54