× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Mempertahankan Bisnis Keluarga

Majels Syahid   10 April 2018 11:16

News

Majels.com – Bisnis keluarga merupakan salah satu bentuk bisnis yang melibatkan sebagian anggota keluarga di dalam kepemilikan atau operasional bisnis. Sementara itu, bentuk-bentuk dari bisnis keluarga secara umum dapat dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, Family owned business (FOB) yaitu ketika keluarga hanya sebagai shareholder, pengelolaan perusahaan diserahkan oleh profesional yang direkrut dari luar.

Kedua, Family business (FB) yaitu ketika keluarga bertidak sebagai shareholder sekaligus pengelola kegiatan operasioanal perusahaan. Dalam arti lain, perusahaan tersebut dimiliki dan dikelola oleh keluarga sendiri. Ketiga, Bussiness Family (BF) yaitu pemilik perusahaan cenderung memiliki menenakankan pada hubungan kekerabatan saja.

Memiliki sebuah usaha yang awet tentu saja dambaan hampir semua orang. Setiap pengusaha, pasti menginginkan agar bisnisnya bisa diwariskan kepada anak cucunya. Namun, ternyata persoalan mempertahankan bisnis keluarga itu bukan perkara yang mudah. Ada anekdot di kalangan pengusaha yang berbunyi  “Generasi pertama membangun, generasi kedua menikmati, dan generasi ketiga menghancurkan”.

Selain itu, ada pula anggapan bahwa keberhasilan perusahaan yang diberikan dari generasi pertama kepada generasi kedua adalah sebesar 30%, sementara dari generasi ketiga ke generasi keempat hanya 15%. Bahkan, dari generasi keempat ke generasi selanjutnya hanya 5%. Melihat hal itu, tentu saja menjadi keresehan bagi semua pengusaha.

Tentu, kita tidak mau, bisnis yang sudah dirintis selama bertahun-tahun dengan susah payah, tidak bisa diwariskan kepada anak cucu. Untuk itu, perlu langkah-langkah agar bisnis keluarga dapat terus berjalan dari generasi ke generasi.

Nilai-nilai luhur yang menjadi falsah perusahaan semestinya diajarkan dan dihayati benar oleh setiap anggota keluarga. Hal ini dilakukan, agar setiap anggota keluarga punya rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap perusahaan. Untuk melanjutkan estafet kepemimpinan sebuah perusahaan, anggota keluarga setidaknya harus memiliki beberapa kriteria.

Kriteria pertama memiliki kompetensi dalam bidang usaha yang dijalani oleh perusahaan. Ini merupakan pengetahuan yang harus ditanamkan oleh ayah atau ibu yang menjadi pimpinan perusahaan kepada anak-anaknya sejak kecil. Jangan sungkan untuk mengenalkan kepada anak seperti apa usaha yang ayahnya jalani, bagaimana proses kerjanya, bagaimana caranya mendapatkan keuntungan dan sebagainya. Ajaklah sejak kecil untuk sesekali datang ke perusahaan atau tempat usaha Anda.

Kedua menyangkut soal passion. Tidak menjadi jaminan bahwa anak akan memiliki passion yang sama terutama dalam bisnis atau karir. Anda mungkin tak bisa memaksakan seseorang untuk mengikuti apa yang menjadi passion Anda. Tetapi, Anda mungkin bisa berharap dari beberapa anak atau anggota keluarga punya passion untuk itu. Untuk itu, kita perlu memahami karakter dari setiap anggota keluarga agar kita bisa memilih pengganti yang tepat.

Ketiga masalah perilaku atau attitude. Inilah salah satu hal yang penting dalam hal apapun termasuk bisnis. Pastikan bahwa Anda menyerahkan estafet kepemimpinan kepada anggota keluarga yang dapat dipercaya, punya kewibawaan dan tanggung jawab yang baik dalam mengemban suatu amanah.(teks:syahid)

Gambar: Unplash

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09