web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Franchise

Mencetak Anak Berkualitas

Majels Syahid   16 November 2017 13:19

Franchise

majels.com - Menjamurnya preschool di kota-kota besar membuat Stevanus Ivan Susanto tergerak untuk juga membuka usaha yang sama. Apalagi di daerahnya pada waktu itu baru ada dua preschool . Berawal dari melihat bahwa kebutuhan akan adanya preschool yang berkualitas semakin besar membuat Ivan berani mendirikan preschool sendiri.

Sejak didirikan pada Juli tahun 2000, preschool dengan nama Happy Bear tersebut ternyata banyak menarik minat para mitra. Tapi Ivan baru membuka kemitraan pada tahun 2004 dengan berbagai kemudahan. “Mitra kami bisa mendesain sekolah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Bisa disesuaikan dengan visi dan misi pemilik mitra,” jelas pria kelahiran Pemalang ini.

Selain itu, mitra juga tidak perlu membayar royalti karena seluruh keuntungan menjadi hak mitra. Ada 3 jenis paket yang ditawarkan yaitu playgroup, daycare dan taman kanak-kanak. Untuk paket A ada satu jenis dengan biaya kemitraan Rp 50.000.000. Paket B ada 2 jenis dengan biaya kemitraan sebesar Rp 80.000.000 dan yang terakhir paket C ada 3 jenis, biaya kemitraan sebesar Rp100.000.000. Dalam kurun waktu 2 hingga 2,5 tahun mitra bisa balik modal. Soal omzet, Ivan mengatakan omzet perbulan sangat tergantung dari usaha yang hendak dibuka. “Bisa kisaran puluhan juta sampai ratusan juta dengan margin profit mencapai 35%.”

Dengan harga tersebut mitra akan mendapat konsultasi awal seperti kebutuhan lokasi, survei pesaing, penentuan modal awal, simulasi perhitungan profit and loss, konsultasi cara perekrutan staf, konsultasi tata letak (layout) lembaga, konsultasi kebutuhan sarana-prasarana di kelas-kelas, konsultasi logo, visi-misi lembaga, konsultasi sistem promosi lembaga dan training staf selama kurun waktu tertentu (minimal 1 bulan). Hingga saat ini mitranya sudah tersebar di kota-kota seperti Wonosobo, Surabaya, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Prabumulih Utara, Depok, Bekasi, dan Bogor. Masing-masing memiliki nama sendiri, Ivan memang memberi kemudahan pada mitra untuk menggunakan nama sesuai keinginan mitra.

Menurut Ivan tidak masalah bila mitra tidak memiliki pengalaman mengajar sebab mitra akan mendapat training untuk guru selama 2 bulan hingga guru-guru benar-benar siap bekerja di tempat yang baru. Di samping training guru, ada pula training lengkap untuk manajemen sehingga owner, manager, kepala sekolah, semua siap untuk mengelola sekolah yang baru dengan baik. “Untuk biaya sekolah dapat disesuaikan dengan lokasi dan daya beli masyarakat di sekitar lokasi mitra.”

Pria yang hobi nonton dan membaca ini membagikan tipsnya dalam menjalankan usaha. Menurutnya ada 3 hal yang harus dilakukan, yang pertama adalah melakukan lakukan survei seperti modal, berapa lama BEP dan siapa pesaing di area tersebut. Kedua jika hasil survei mengatakan "GO", segera ambil tindakan. Mulai terjun ke bisnis tersebut dan yang ketiga adalah jangan pernah menyerah. (teks:eri)

Gambar: Dokumen Pribadi

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09