× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Menganal Apa Itu Program Pembiayaan Usaha Ultra Mikro

Majels Syahid   26 February 2018 10:09

News

majels.com – Permasalahan yang kerap menghambat seseorang untuk memulai sebuah bisnis adalah masalah yang terkait dengan modal usaha. Biasanya, modal usaha bisa bersumber dari dana tabungan sendiri, pinjaman dari bank, kerjasama dengan instansi tertentu, atau modal yang didapatkan dari patungan beberapa orang.

Salah satu sumber modal yang bisa kita coba untuk dapatkan yaitu sumber modal yang berasal dari program-program pemerintah.  Bantuan modal dari pemerintah cukup banyak ragamnya, disesuaikan dengan segmentasi penerima dan jenis usaha. Beberapa program yang sudah cukup familiar di telinga seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM, dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk mahasiswa.

Baru-baru ini, pemerintah meluncurkan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang ditujukan untuk pengusaha sangat kecil. Mengutip dari Kompas.com, pembiayaan ini akan disalurkan dengan plafom maksimal Rp10 juta dengan bunga 2-4 persen saja. Pembiayaan ini sengaja ditujukan untuk kalangan pengusaha yang tidak tercover oleh Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca juga:

Adapun penyaluran dananya tidak akan melalui Bank seperti pada bantuan usaha UMKM, karena pada dasarnya kelompok usaha ultra mikro ini tidak masuk dalam kriteria debitur yang layak di mata bank (unbankable).

Dalam program tersebut pemerintah melibatkan tiga perusahaan plat merah yang memiliki pembiayaan ultra mikro, yaitu Pegadaian, Permodalan Nasional Madani, dan Bahana Artha Ventura. Ketiganya akan menyalurkan bantuan langsung kepada pengusaha ultra mikro (end user).

Sasaran

Mengutip dari situs resmi Kementerian Keuangan, ada tiga criteria yang menjadi sasaran dari Program Pembiayaan Usaha Mikro sebagai berikut. Pertama, pengusaha Ultra Mikro yang bersangkutan tidak sedang dibiayai oleh lembaga keuangan atau koperasi.

Kedua, merupakan Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan Elektronik (KTP-el). Ketiga memiliki izin usaha dari instansi pemerintah dan atau surat keterangan usaha dari penyalur.

Program bantuan kredit ultra mikro ini nantinya diharapkan mampu membuat para pengusaha ultra mikro naik kelas dan bisa memperoleh fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR). Secara jangka panjang, program bantuan pinjaman ini diharapkan juga mampu mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap program bantuan sosial (bansos) yang saat ini masih mengalir. (teks:syahid)

Gambar: blokusaha.blogspot.co.id

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09