web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran

Majels Syahid   08 May 2018 15:30

News

Majels.com – Dalam dunia bisnis, pemasaran memegang peran yang sangat vital. Berbagai upaya dilakukan agar pemasaran berjalan secara efektif sehingga menghasilkan omzet yang diinginkan. Bila kamu seorang pengusaha, maka kamu juga sebaiknya memahami ilmu marketing dengan baik.

Salah satu konsep dasar dalam dunia marketing adalah AIDA Model. Sebuah konsep dalam ilmu marketing yang merujuk kepada tahapan-tahapan seseorang mengenal produk hingga memutuskan untuk membeli produk tersebut. AIDA sendiri merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action.

Nah, sebenarnya apa sih maksud dari tahapan-tahapan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Attention

Attention merupakan tahap awal ketika konsumen mulai menyadari adanya produk atau brand kamu. Sebelumnya, mereka tidak tahu sama sekali nama brand yang kamu usung dan apa sebenarnya produk yang kamu tawarkan. Pada tahap ini, kita sebagai pemilik produk dituntut untuk sebisa mungkin menarik perhatian konsumen.

Menawarkan tes produk secara gratis, membuat iklan yang lucu sehingga menjadi viral merupakan salah satu bentuk upaya menarik perhatian konsumen. Dalam bisnis kuliner, ada pula pengusaha yang menawarkan produknya secara gratis dalam satu atau dua hari agar orang-orang datang dan mengenal warung atau restorannya.

Interest

Pada tahap ini, konsumen mulai tertarik dengan produk kamu, mulai mencari tahu apa sebenarnya keunggulan atau manfaat yang bisa produk kamu berikan. Pada tahapan ini strategi yang harus kita lakukan adalah dengan mengedukasi konsumen tentang pentingnya produk tersebut bagi mereka.Ini merupakan tahapan yang cukup maju mengingat konsumen sudah memberikan ketertarikannya. Jangan sia-siakan dengan memberikan penjelasan atau informasi yang tidak informatif.

Buatlah konten promosi produk yang memungkinkan pelanggan dapat membaca secara cepat  (skimming). Tampilkan manfaat produk dalam bullet atau numbering sehingga mereka dapat langsung memahami poin yang ingin Anda sampaikan. Cara lain bisa dengan menampilkan review pelanggan yang telah mencoba produk kamu sehingga konsumen yang belum pernah mencoba menjadi yakin untuk membeli.

Desire

Pada tahapan ini, konsumen sedang berada pada posisi ingin membeli produk kita. Tahapan ini didorong oleh keberhasilan kita dalam menyakinkan mereka tentang pentingnya atau alasan mengapa harus membeli produk tersebut. Tidak hanya itu, konsumen juga menyadari bahwa bila mereka membeli produk tersebut maka mereka mendapatkan nilai tambah bagi diri mereka.

Action

Tahap ini merupakan tahap akhir dari serangkaian upaya kita untuk memengaruhi konsumen secara psikologis agar mau  membeli produk. Di tahap ini, konsumen akan memberikan penilaian apakah mereka suka atau tidak suka, merekomendasikan ke temannya atau tidak, membeli kembali atau tidak membeli kembali. (teks:syahid)

Gambar: Alona

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09
Majels
News
Kemampuan yang Diperlukan untuk Menjadi Founder Startup Teknologi
Syahid
07 May 2018 14:45