× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Mengintip Strategi Pemasaran “Kue Artis”

Majels Syahid   21 March 2018 15:32

News

Majels.com – Dalam beberapa tahun terakhir muncul banyak sekali produk kue yang dimiliki oleh para artis ibukota seperti Zaskia Adya Mecca, Laudya Cynthia Bella, Melly Goeslaw, Ruben Onsu dan masih banyak lainnya. Mereka ramai-ramai mengeluarkan produk kue di beberapa kota di Indonesia. Bahkan ada beberapa yang mengklaim sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut.

Mengenai klaim kue para artis yang membawa nama unsur kota dan dianggap sebagai oleh-oleh sebenarnya mengandung pro dan kontra di masyarakat. Pada dasarnya kue para artis ini bukanlah sebuah makanan hasil dari proses budaya yang begitu lama ada di suatu wilayah seperti makanan tradisional.

Misalnya saja bir pletok, minuman yang satu ini erat dengan masyarakat Betawi yang dahulu ingin minum bir seperti orang Eropa namun terkendala karena bir merupakan minuman yang haram. Akhirnya muncullah bir pletok yang warnanya mirip seperti bir namun terbuat dari bahan-bahan alami yang halal. Tentu saja, kue artis seperti yang kita lihat saat ini tidak ada unsur sejarahnya seperti itu.

Terlepas dari kontroversi yang ada, bisnis kue milik artis ini ramai dan disukai oleh masyarakat. Selain karena rasanya, faktor ketenaran artis yang sudah sering nampak di layar kaca tersebut juga berpengaruh dalam suksesnya produk-produk kue tersebut. Menariknya, bisnis kue artis tersebut tidak dijalankan secara perorangan, lebih banyak dijalankan oleh sebuah manajemen bisnis tertentu.

Sebut saja Jannah Corp yang ternyata induk dari produk-produk kue milik artis yang selama ini kita kenal. Nama-nama seperti Prilly Latuconsina, Vidi Aldiano, Nagita Slavina, dan Ruben Onsu tergabung dalam satu bendera Jannah Corp.

Lalu bagaimana bila Anda juga ingin menjalankan bisnis kue seperti para artis ini? Berikut beberapa strategi yang bisa ditiru dari produk-produk tersebut?

Menciptakan Brand yang Berbeda dan Unik

Brand menjadi kunci kesuksesan dari bisnis kue para artis ini. Kebanyakan dari mereka memiliki nama-nama yang unik, atau mengambil nama sebuah kota sebagai daya tariknya. Misalnya Ussy yang mengambil Cirebon Kelana sebagai brand kue miliknya. Atau kita bisa melihat kuatnya brand Mamahke Jogja yang dimiliki oleh Zaskia Adya Mecca.

Memang, nama besar mereka terangkat karena artis-artis tersebut sudah dikenal luas oleh masyarakat. Namun sebenarnya bukan saja karena nama besar sang artis, tetapi karena proses penemuan brand yang cukup baik. Dari nama yang dipilih sampai konten promosi yang dilakukan, semuanya dikerjakan secara baik.

Dari segi produksi, kue-kue ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Sudah banyak kue sejenis yang lebih dulu diproduksi. Beberapa hanya menambahkan beberapa variasan rasa saja. Namun yang membedakan adalah mereka hadir dengan brand yang baru, yang lebih segar sehingga mengundang lebih banyak orang untuk mencoba.

Terapkan Strategi Pemasaran yang Kreatif

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh para artis ini terbilang kreatif dan dilakukan dengan sangat baik. Mulai dari foto, gambar ilustrasi sampai konten promosinya dikerjakan secara profesional. Strategi promosi seperti diskon, dan poin plus lain juga sesekali diberikan kepada pelanggan mereka. Bila Anda berniat membuat produk kue iklan seperti mereka juga tak ada salahnya bila meniru startegi pemasarannya.

Strategi pemasaran yang kreatif memungkinkan produk kue Anda dapat meningkat jauh lebih baik bila dibandingkan dengan brand yang asal-asalan atau bahkan tanpa brand sama sekali. Dari mulai nama, desain, sampai konten promosi harus dipikirkan matang-matang. Anda bisa melakukan serangkaian riset untuk menemukan startegi pemasaran yang tepat.

Buatlah Keunikan Pada Produk Kue

Berikutnya dari sisi produk. Kue pada dasarnya makanan yang sudah lumrah dimakan oleh setiap orang. Itu artinya, market pasar untuk produk ini juga sudah jelas dan produk bukan sesuatu yang baru. Bila Anda berbisnis di bidang semacam ini, Anda harus mampu menawarkan sesuatu yang berbeda, seminimalnya ada satu atau dua produk dengan varian rasa yang tak ditemukan di tempat lain.

Sebaik apapun proses pemasaran yang dilakukan, bila produknya sendiri tidak unik, akan sulit untuk berkembang. Konsumen yang sebenarnya sudah tahu, bahkan cenderung bosan butuh sesuatu yang dapat menggugah selera makan mereka

Optimalakan Media Sosial

Belajar dari strategi yang dilakukan oleh artis, mereka sangat kuat dalam penggunaan media sosial. Dengan akun media sosial si artis sendiri yang mencapai ribuan bahkan jutaan followers, mereka dapat menjangkau lebih banyak orang. Jangan khawatir bila Anda ingin juga mengoptimalkan media sosial. Bila proses riset menghasilkan brand dilakukan dengan baik, dan dijalankan secara sungguh-sungguh, akan Anda pun bisa menjangkau lebih banyak orang.

Perhatikan jenis-jenis konten, dan waktu memposting berita. Usahakan agar membuat postingan setiap hari yang dijadwalkan. Buatlah program-program khusus yang dapat mengundang interaksi dengan pengguna media sosial. (teks:syahid)

Gambar: Kompasiana

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09