× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Mina Padi Tingkatkan Hasil Pertanian Petani

Majels Syahid   18 April 2018 10:19

News

Majels.com – Mungkin Anda pernah melihat gambar di atas di media sosial. Sebuah pesawahan biasa yang airnya cukup tinggi dengan ikan-ikan cantik yang hilir mudik melintasi sela-sela tanaman padi. Gambar tersebut bukanlah rekasaya, namun sebuah teknik menanam padi dan memelihara ikan sekaligus di dalam satu area yang disebut sebagai mina padi.

Mina padi merupakan integrasi antara pertanian dan pemeliharaan ikan yang dapat meningkatkan omzet petani secara signifikan. Dikutip dari BBC Indonesia, salah satu teknik mina padi ini dapat ditemukan di daerah Sleman, Yogyakarta.

Sigit Paryono, pemilik sawah tersebut, memelihara juga ikan emas dan ikan nila di sawah tersebut. Menurutnya, dengan menggunakan metode tersebut, keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar daripada sebelumnya. Dia mengaku pernah mendapatkan omset sekitar 120 juta rupiah dari satu hektar sawah dari padi dan ikan. Dari sisi produksi padi, sistem ini diketahi membuat padi memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang lebih tinggi.

Selain dapat meningkatkan keuntungan karena mendapat tambahan penghasilan dari ikan, mina padi juga ternyata memiliki manfaat lain. Kotoran ikan yang di tempatkan di lahan sawah diketahui dapat menjadi tambahan unsure hara yang baik untuk tanaman padi. Ikan juga dapat membantu menghambat tumbuhnya tanaman lain yang bersifat kompetitor.

Mina padi menggunakan pendekatan ekosistem dengan menjauhi sebisa mungkin penggunaan pupuk kimia. Hal tersebut membuat pengeluaran petani pun bisa menjadi berkurang. Meski mina padi lebih menguntungkan, kenyataannya tak banyak petani yang berminat beralih dari sawah konvensional. Hal tersebut karena mengelola mina padi bukan hal yang mudah.

Mina padi membutuhkan pengetahuan seperti membuat kolam yang kedalamannya tepat. Selain itu, butuh pengawasan yang ketat dan suplai air yang terjamin agar ketinggian air di dalam kolam terjaga. Diperlukan bimbingan yang intens dari pemerintah agar sistem ini lebih banyak diterapkan di daerah lain. (teks:syahid)

Gambar:

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09