× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Panduan Bisnis Ikan Mas Koki: Cara Budidaya

Majels Syahid   22 February 2018 17:44

News

majels.com – Ikan Mas Koki cukup menarik untuk dijadikan lahan bisnis karena ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Bentuk badannya yang membulat dengan siripnya yang lebar dan berwarna macam-macam menjadikannya ikan ini cantik untuk dipelihara di rumah. Rasanya, kurang pas bila memiliki kolam di depan rumah namun tidak ada ikan koki.

Selain di kolam, ikan ini juga kerap disandingkan di akuarium di dalam rumah, melengkapi ekosistem buatan akuarium. Oleh karenanya, peluang bisnis ikan koki ini cukup besar. Bukan saja untuk pasar domestik, namun juga terbuka untuk pasar internasional.

Budidaya Ikan Mas Koki sebenarnya tidak terlalu sulit, namun tetap memerlukan pengetahuan-pengetahuan dasar yang sebaiknya dikuasai. Ada baiknya bila Anda membaca buku-buku, artikel di internet seperti yang Anda lakukan sekarang, atau bertanya langsung ke peternak Ikan Koki. Berikut beberapa langkah dalam membudidayakan Ikan Mas Koki.

Persiapan Budidaya Ikan Mas Koki

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum mulai membubidayakan Ikan Mas Koki. Faktor pertama mengenai kolam yang meliputi kesedian lahan, ketersediaan air dan konstruksti kolam di lingkungan tempat tinggal Anda. Dalam menentukan lokasi kolam, Anda sebaiknya memastikan bahwa tempat tersebut terbebas dari banjir. Kemudian, pastikan lokasi tersebut terbebas dari hewan-hewan yang dapat memangsa ikan Anda. Sebaiknya sekeliling area budidaya ikan Anda dipagari agar menghindari kucing atau ayam masuk.

Setelah urusan lokasi penting bagi Anda untuk memikirkan sumber air untuk kegiatan budidaya ikan sehari-hari. Perlu diketahui, ketika air di kolam sudah mulai kotor, Anda perlu mengganti airnya dengan yang baru. Bila tidak, itu akan menimbulkan beberapa penyakit pada ikan. Jadi, ketersediaan air harus tetap terjaga.

Kedua, menyiapkan indukan atau bibit Ikan Mas Koki. Minimal usia agar Ikan Koki siap untuk dijadikan indukan adalah sekitar 7 bulan untuk jantan, dan 8 bulan untuk betina. Kemudian pada ikan jantan, akan keluar cairan dari lubang genital apabila perutnya diurut pelan. Sementara pada betina, bila perutnya diurut akan terasa lembek dan mengeluarkan cairan berwarna kuning.

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09