web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

#HowTo

Panduan Membuka Jasa Desain Buku Tahunan Sekolah dan Kartu Undangan

Majels Syahid   03 January 2018 12:46

How To

majels.com – Buku tahunan sekolah dan kartu undangan merupakan kebutuhan masyarakat yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Prosepek pasarnya terbuka lebar karena dua hal ini selalu dibutuhkan orang setiap tahunnya. Bayangkan saja, berapa jumlah sekolah SMP atau SMA yang ada di kota Anda.

Setiap tahun, sekolah tersebut meluluskan muridnya, bukan? Dan kelulusan siswa-sisiwi tak lengkap rasanya bila tidak memiliki buku tahunan yang memuat moment-moment bersama teman satu angkatan. Begitu juga dengan kartu undangan, ini hal yang selalu dibutuhkan masyarakat sepanjang tahun.

Untuk bisa menekuni bisnis ini sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar. Modal utamanya adalah skill dalam desain grafis dan kemampuan lobbying untuk mendapatkan klien. Selain itu, kemampuan dalam menyusun anggaran biaya pembuatan produk dengan mempertimbangkan bahan dan kerumitan produk juga diperlukan.

Keuntungan

Usaha jasa desain ini memiliki sejumlah keuntungan sebagai berikut;

1. Modal Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, modal utama dalam menjalani usaha ini adalah kemampuan dalam desain grafis dan menyakinkan klien. Untuk operasionalnya, hanya membutuhkan laptop atau PC yang sudah lumrah dimiliki semua orang, apalagi bagi seorang desainer grafis.

2. Profit Yang Besar

Keuntungan yang diperoleh dari jasa desain ini cukup besar. Contohnya, saat mengerjakan project buku tahunan siswa. Harga yang dibandrol untuk satu buku tahunan biasanya berkisar antara Rp. 150.000 – Rp. 200.000. Harga tersebut dikalikan dengan jumlah siswa satu angkatan, misalnya 800 siswa. Maka, bisa terlihat laba kotor dari project ini saja yaitu Rp. 200.000 x 800 = Rp. 160.000.000

3. Pasar Yang Terus Ada

Pangsa pasar usaha ini tentu saja akan terus ada. Kebutuhan terhadap kartu undangan tentu terus ada seiring dengan banyaknya orang yang akan menikah. Dalam prosesnya, permintaan juga tidak selalu tentang undangan pernikahan, tetapi undangan lainnya seperti undangan ulang tahun.

4. Hasilkan Uang Dari Hobi

Dunia desain grafis merupakan dunia yang menyenangkan bagi sejumlah orang. Melalui desain grafis, seseorang dapat mengekspresikan imajinasi dan kreativitasnya dalam bentuk visual. Tentu sangat menyenangkan bila kita mampu menghasilkan uang dari sesuatu yang disukai atau menjadi hobi.

Kelemahan

Usaha jasa desain ini memiliki sejumlah keuntungan sebagai berikut;

1. Apreasiasi Masyarakat Rendah

Permasalahan ini kerap ditemui oleh desainer grafis di tanah air. Apresiasi masyarakat terhadap jasa desain grafis khususnya bagi orang awam terbilang minim. Masyarakat jarang mengetahui bahwa dibalik sebuah desain yang indah, terdapat riset yang panjang, pemikiran konsep, warna, style yang tepat agar sesuai dengan keinginan klien.

Mengatasi hal ini, sebagai seorang desainer grafis dan pemilik usaha jasa desain, Anda harus berupaya untuk mengedukasi klien. Terangkan dengan sebaik-baiknya, bahwa ada pemikiran dan waktu yang dikeluarkan untuk terciptanya sebuah karya.

2. Kompetitor

Sebagaimana bisnis pada umumnya, kompetitor memang selalu ada. Khusus di bidang jasa, kompetitor yang berat adalah mereka yang sudah memiliki link atau jaringan pertemanan yang luas sehingga memudahkan mendapat klien. Ini seharusnya tidak menjadi halangan bila Anda juga terus berupaya untuk menambah link.

3. Daya Beli Masyarakat Berbeda

Perlu diingat, besar kecilnya harga yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan juga bergantung pada apresiasi desain masyarakat di sebuah kota. Harga buku tahunan di perkotaan tentu saja berbeda dengan yang ada di pedesaan. Hal ini membutuhkan siasat dalam menyusun komponen biaya yang diperlukan agar bisa diterima oleh pelanggan.

Langkah Memulai Usaha

1. Siapkan Portofolio

Langkah awal dalam merintis usaha ini adalah dengan membuat portofolio sebanyak mungkin. Buatlah contoh buku tahunan, kartu undangan pernikahan, kartu undangan ulang tahun dengan berbagai desain yang menarik. Tanpa hal ini, akan sulit bagi Anda untuk menyakinkan klien. Selain untuk bahan presentasi kepada konsumen, membuat portofolio juga penting untuk melatih kemampuan desain grafis Anda.

2. Siapkan Alat-Alat

Hal kedua adalah menyiapkan alat-alatnya. Komputer desktop atau laptop menjadi alat utama yang wajib dipenuhi. Siapkanlah computer yang memiliki spesifikasi memumpuni untuk membuka program-program aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator dan sebagainya.

Khusus untuk buku tahunan, Anda juga harus menyiapkan kamera DSL untuk kegiatan memotret. Ini sebenarnya bisa diakali dengan bekerjasama dengan pihak lain.

3. Buat Profil Usaha

Membuat profil usaha penting dilakukan agar memudahkan klien dalam mempercayai jasa Anda. Buatlah nama profil untuk usaha Anda yang mudah diingat, buat juga logonya agar semakin mudah diingat.

4. Mendapatkan Klien

Langkah selanjutnya adalah mencoba mendapatkan klien. Untuk buku tahunan, datanglah ke sekolah-sekolah dengan membawa portofolio yang sudah Anda buat sebelumnya. Tawarkan kepada pihak sekolah atau siswa dengan baik. Memulai langkah dengan cara ini memang memiliki tantangan tersendiri.

Dibutuhkan kemampuan dalam berbicara dan menyakinkan pihak lain. Jika berhasil mendapatkan project dari sini, itu sudah sangat baik untuk usaha Anda kedepannya.

5. Merekrut Rekan Bisnis

Usaha jasa desain ini tidak bisa dikerjakan seorang diri. Untuk buku tahunan misalnya, Anda membutuhkan desainer atau fotografer untuk membantu mengerjakan berbagai project. Anda bisa merekrut orang sebagai karyawan atau menyiapkan orang sebagai freelancer untuk membantu pekerjaan Anda sebagai karyawan paruh waktu. Secara bisnis, ini bisa jadi menghemat biaya operasional.

Tips Sukses

1. Pahami Kebutuhan Konsumen

Anda harus sabar dan tekun dalam menanggapi keinginan dari klien. Ada banyak sekali tipe klien yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Sebagai seorang pemilik jasa desain, Anda harus mampu menangkap apa yang dimaksud oleh klien dan menerjemahkannya ke dalam desain yang menari

2. Buat Paket Harga Yang Menarik

Siapkan beberapa paket harga yang bisa ditawarkan oleh konsumen untuk memudahkan klien menyesuaikan dengan budget mereka. Untuk buku tahunan misalnya, Anda bisa membaginya dalam beberapa paket yang disesuaikan dengan jumlah halaman buku atau jenis kertas yang dipakai.

3. Lakukan Diversifikasi Produk

Buku tahunan dan kartu undangan hanyalah contoh untuk memulai bisnis dari membuka jasa desain. Setelah sukses dengan dua hal ini, Anda pun bisa menambah untuk membuka jasa desain lainnya seperti brosur, kaleder, paperbag dan masih banyak lainnya.

4. Bersikap Ramah dan Menyenangkan

Ini merupakan sikap yang harus dimiliki oleh semua pengusaha, khususya yang berkecimpung di dunia jasa. Bersikap ramah dan menyenangkan klien membuat mereka menjadi nyaman dengan Anda. Ingat, mempertahankan satu pelanggan lebih susah daripada mendapatkannya.

Analisis Modal

Pendapatan Perbulan

Berikut merupakan contoh perhitungan keuntungan yang didapatkan dari project buku tahunan siswa dengan spesifikasi buku dan perkiraan biaya yang didapatkan dari sistem kalkuasi ongkos produksi di http://percetakanbandung.com.

 

Catatan:

*Asumsi foto dan desain dikerjakan oleh Anda dan karyawan Anda sendiri.

*Belum termasuk ongkos kirim dari percetakan

*Hanya mengerjakan dua project, 1 buku tahunan dan 1 kartu undangan

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09