web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Peluang Bisnis Penggemukan Sapi

Majels Syahid   16 April 2018 17:38

How To

Sebagai negara agraris dengan curah hujan yang cukup tinggi, Indonesia sebenarnya memiliki potensi dalam pengembangan bisnis bidang peternakan. Ada banyak spesies baik tumbuhan maupun hewan yang ditemukan di nusantara kita ini. Namun demikian karena tata kelola yang belum sepenuhnya tepat sehingga menjadikan negara ini belum bisa mencapai swasembada pangan.

Salah satu jenis peternakan yang hingga kini masih sangat tinggi potensinya adalah peternakan sapi. Berdasarkan keterangan yang didapat dari Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) perkiraan kebutuhan sapi nasional adalah sekitar 550 ribu ton pertahun semantara negara ini hanya mampu menyediakan sekitar 300 ribu ton sapi.

Angka produksi daging sapi ini tentu masih sangat kurang untuk mencukupi kebutuhan daging sapi yang diperkirakan mencapai 2,2 Kg / kapita. Sehingga disinyalir, kebutuhan impor daging sapi mencapai 250 ribu ton atau sekitar 45 % dari total keseluruhan daging sapi. kekurangan ini tentu menjadi alasan mengapa peluang bisnis rumahan penggemukan sapi sangat potensial.

Peluang Bisnis Rumahan Penggemukan Sapi

Mengapa demikian? jelas karena Indonesia sedang mencanangkan swasembada pangan yang hingga kini belum terlaksana. Dan karenanya Indonesia harus mengimpor sapi dari negara lain. Mungkin anda masih ingat mengenai kasus korupsi impor sapi. Terlepas dari polemik kasus tersebut, adalah merupakan sebuah fakta bahwa kebutuhan sapi sangat urgent sehingga dijadikan sebagai ladang korupsi.

Data dari BPS mengatakan, peternak sapi menurun sehingga berimbas pada produksi sapi. Hal ini menjadi PR bagi pemerintah dalam meningkatkan produksi nasional daging sapi dengan mengalakkan banyak penyuluhan dan bantuan modal untuk bisnis rumahan sapi potong ini. Dan yang menggembirakan dari bisnis rumahan sapi potong ini adalah bahwa konsumsi daging nasional tertinggi pertama ditempati oleh daging sapi, sehingga ketika anda memiliki sapi yang sehat sudah pasti akan terjual.

Dalam bisnis rumahan sapi potong terdapat dua jenis metode yang seringkali digunakan yaitu pembibitan dan pembesaran serta penggemukkan. Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas mengenai bisnis rumahan penggemukan sapi potong yaitu memelihara sapi potong yang sudah cukup umur kemudian dijual kembali dalam waktu yang tidak begitu lama. Metode ini memang terbilang membutuhkan modal yang lumayan namun untungnya juga lumayan dan dapat menghasilkan uang lebih singkat daripada pembibitan.

Cara menjalankan bisnis rumahan ini adalah dengan cara membeli bakalan sapi yang berumur 2 - 2,5 tahun kemudian dipelihara selama 3-4 bulan. Keuntungan akan lebih besar apabila sapi dijual pada saat idul Adha, keuntungan bisa berlipat lipat. Namun demikian ada beberapa kendala yang biasanya dihadapi oleh para peternak sapi diantaranya adalah :

Untuk mengatasi permasalahan diatas, anda haruslah jeli. Anda bisa mengajukan kredit pinjaman bank atau investasi guna menambah modal. Sementara bakalan sapi bisa anda cari di beberapa peternakan dan harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan kita. agar margin keuntungan semakin tinggi, maka anda harus pintar pintar dalam meminimalisir biaya pakan.

Gambar: Tokomesin

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09