web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Peluang Bisnis Penitipan Anak

Majels Syahid   04 April 2018 11:01

How To

Majels.com – Mobilitas masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kawasan perkotaan seringkali membuat para orang tua tidak punya waktu banyak untuk bersama-sama dengan si anak. Tuntutan hidup yang semakin tinggi juga memaksa kedua orang tua untuk bekerja sehingga rumah akan ditinggalkan pada siang harinya.

Beberapa orang tua yang memiliki cukup banyak uang bisa saja mencari orang untuk menjadi pembantu atau baby sister di rumahnya. Dengan cara seperti ini, orang tua tidak perlu khawatir dengan keselamatan si anak karena sudah dijaga oleh pembantu rumah tangga atau baby sister. Namun, memiliki pembantu rumah tangga juga bukan solusi yang baik bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang belum mampu untuk membayar gaji baby sister.

Gaji pokok untuk seorang baby sister saja minimal Rp3 juta, belum termasuk biaya makan, pakaian, dan bonus-bonus. Sementara penitipan anak, tarifnya mulai dari Rp2 juta ke atas. Namun, untuk daycare yang kelasnya “premium” tarifnya bisa jadi sama saja dengan Anda membayar gaji baby sister atau mungkin lebih.

Solusi yang cukup aman dan murah yaitu dengan menitipkan anak ke tempat penitipan anak yang sudah lazim terdapat di kawasan perkotaan. Di tempat penitipan anak atau yang lebih dikenal sebagai Daycare ini sang anak bisa mendapatkan haknya untuk bermain sambil belajar hal-hal sederhana dari pengasuh yang sudah profesional.

Adanya kebutuhan terhadap jasa penitipan anak tersebut membuka peluang usaha bagi siapa saja. Dilihat dari prospek pasaranya, jasa penitipan anak ini cukup bagus mengingat kebutuhannya yang semakin tinggi seiring dengan semakin tingginya mobilitas masyarakat perkotaan. Segmentasinya juga sudah jelas, yaitu para orang tua yang sibuk bekerja di rumah sementara anaknya terpaksa mereka titipkan pada orang lain.

Memulai Usaha

Perlu diketahui bahwa jasa penitipan anak atau daycare bukanlah sebuah bisnis biasa yang hanya tahu untung dan rugi. Bisnis ini melibatkan bayi dan balita milik orang tua mereka yang harus sepenuhnya Anda jaga dan beri hak-haknya. Maka dari itu, sebelum memulai usaha ini, Anda perlu setidaknya memiliki kecintaan terhadap dunia anak, memahami bagaimana cara memperlakukan anak sesuai dengan jenjang usianya.

Setelah Anda memahami tersebut, baru bisa memikirkan langkah-langkah memulai usahanya. Berikut beberapa langkah memulai usaha jasa penitipan anak yang bisa Anda ikuti.

Menentukan Segmentasi Pasar

Anda harus terlebih dahulu mengetahui segmentasi orang tua seperti apa yang ingin Anda coba bidik. Pelajari kelas ekonomi mereka sehingga Anda punya gambaran yang cukup untuk membuat daycare yang seperti apa. Memahami segmentasi orang tua ini juga diperlukan untuk menentukan seberapa besar tariff yang Anda bisa kenakan, yang tentu saja berimbas pada fasilitas apa yang nanti mereka bisa peroleh.

Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Kompeten

Bisnis seperti ini, hampir sama seperti bisnis TK atau PAUD yakni memerlukan SDM yang berkompeten dalam bidangnya. Pengasuh anak di daycare sebaiknya adalah orang yang mengerti betul kondisi psikologi anak dan mampu menerapkannya dengan baik. Di penitipan, anak tidak sekedar dititipkan untuk kemudian disediakan fasilitas bermain, namun permainannyapun coba diarahkan oleh si pengasuh.

Siapkan Tempat

Tempat menjadi faktor yang krusial dalam bisnis tempat penitipan anak. Sediakanlah tempat penitipan anak yang cukup besar sehingga anak dapat dengan leluasa bermain ke sana dan ke mari. Sediakan pula aneka jenis mainan di dalamnya sehingga anak bisa merasa senang. Selain itu, buatlah tempat menjadi semenarik mungkin dengan hiasan dinding yang berwarna warni.

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09