× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Peluang Usaha Membuat Ilustrasi Digital

Majels Syahid   06 March 2018 12:55

News

Majels.com – Memiliki kehahlian dalam dunia desain grafis khususnya ilustrasi digital dapat menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Ilustrasi yang dimaksud bisa berupa ilustrasi wajah, karakter kartun, atau ilustrasi realis. Permintaan dari dunia industri ini cukup banyak mulai dari industri film, periklanan, sampai industri penerbitan buku juga kerap mencari jasa illustrator digital.

Membuat ilustrasi digital dengan media konvensional tentu saja berbeda. Orang yang bisa menggambar di kertas gambar atau kanvas pun belum tentu bisa membuat ilustrasi menggunakan aplikasi desain di komputer. Karena itu, profesi ini sangat erat sekali dengan keahlian atau skill masing-masing orang yang dipelajari secara otodidak maupun secara formal.

Modal utama untuk menjadi seorang illustrator adalah keahlian. Selain itu, hanya dibutuhkan sebuah komputer yang sudah diinstal software desain dan pen tablet untuk memudahkan pembuatan ilustrasi. Artinya, modal jenis profesi ini tidak terlalu besar.

Dari sisi keuntungan, besar kecilnya harga dari jasa ilustrasi sangat bergantung pada segmentasi mana yang Anda tuju dan kualitas skill yang Anda miliki. Citra Anda sebagai illustrator bahkan menentukan besar kecilnya harga yang bisa Anda tawarkan.

Berikut beberapa peluang usaha yang memanfaatkan keahlian membuat ilustrasi.

Jasa Membuat WPAP

WPAP atau Wedha Pop Art Potrait merupakan jenis style ilustrasi yang diciptakan oleh Wedha Abdul Rasyid seniman grafis asal Indonesia. Jenis style ilustrasi ini memiliki ciri khas berupa garis-garis yang bersilangan membentuk bidang geometri pada wajah manusia. Meskipun teknik WPAP ini bisa diterapkan pada gambar apa saja, namun umumnya hanya untuk membuat wajah manusia.

Cara pembuatannya dengan melakukan tracing atau menjiplak wajah asli dengan garis-garis tegas mengikuti alur wajah. Ciri khas lain dari gaya ilustrasi ini terletak pada pemilihan warna yang terang dan kontras antara satu bagian geometri dengan bagian geometri lainnya.  

Untuk mempelajari teknik ilustrasi ini sebenarnya cukup mudah karena sudah banyak tutorial yang tersebar di internet. Selain itu, sudah ada Komunitas WPAP Indonesia yang telah memiliki cabang di beberapa kota. Mereka biasanya melakukan kumpul bersama untuk berbagai pengetahuan seputar WPAP. Anda juga bisa bergabung di Grup Belajar WPAP di Facebook.

Jasa Membuat Karikatur

Karikatur menjadi tren ilustrasi yang sudah ada cukup lama. Karikatur biasanya menggambarkan objek manusia yang dilebih-lebihkan pada bagian yang menjadi ciri khas. Karikatur ini biasanya mengambarkan objeknya menjadi lucu karena bagian tertentu misalnya kepala dibuat lebih besar. Meskipun dilebih-lebihkan, namun karikatur ini juga harus bisa mewakili atau mirip dengan foto aslinya.

Seni ini cukup diminat oleh banyak orang sebagai hadiah kepada sahabat atau pacar. Bila Anda memiliki kehalian dalam bidang ini, tak ada salahnya untuk membuka jasa pembuatan karikatur.

Digital Imaging

Digital Imaging merupakan teknik merekayasa sebuah foto dengan menggabungkan dua gambar atau lebih, menghilangkan bagian tertentu sehingga menciptakan sebuah gambar baru yang menarik dan imajinatif. Digital Imaging kerap menghasilkan karya baru yang tidak bisa dibayangkan sebelumnya. Keahlian ini selain menuntut keterampilan dalam mengoperasikan software desain juga dituntut memiliki daya imajinasi yang tinggi.

Biasanya proses pembuatan digital imaging diawali dengan pembuatan konsep. Kemudian mencari bahan-bahan foto beresolusi cukup baik untuk diolah. Aplikasi yang digunakan biasanya menggunakan software Adobe Photoshop.

Dari sisi prospek bisnisnya, keahlian dalam bidang digital imaging ini banyak dipakai untuk pembuatan poster film, iklan produk yang membutuhkan gambar imajinatif, maupun permintaan dari perseorangan juga cukup banyak.

Tips Bisnis

Itulah beberapa jenis ilustrasi yang bisa Anda jadikan peluang usaha. Sebenarnya, masih banyak lagi jenis-jenis ilustrasi yang lain namun ketiganya cukup mewakili jenis ilustrasi yang kerap dijadikan bisnis. Anda bisa membuka jasa ilustrasi untuk kepentingan perseorangan atau bekerja kepada perusahaan yang membutuhkan keahlian ini.

Bila Anda berniat untuk membuka jasa ilustrasi digital, langkah pertama adalah membuat portofolio. Buatlah karya orisinil, hasil karya Anda sendiri yang berkaitan dengan ilustrasi lalu upload di media sosial. Saat ini, media sosial yang paling bagus untuk menampilkan portofolio gambar adalah Instagram. Buatlah satu akun khusus yang menampilkan karya-karya Anda.

Selain di media sosial, penting bagi Anda untuk menampilan karya digital tersebut ke website yang menyediakan layanan penyimpan karya. Anda bisa memulainya di Behance, sebuah website yang menampung karya-karya seniman digital dari berbagai dunia. Selain dari luar negeri, terdapat pula website serupa seperti DKV Dailiy dan Creasi

Mulailah dengan menawarkan jasa Anda kepada orang-orang terdekat. Selain melalui media sosial, promosi dari mulut ke mulut juga cukup efektif untuk dilakukan. Jangan menawarkan harga yang terlalu rendah, sekalipun Anda masih baru membuka usaha ini. Buatlah harga yang sewajarnya agar desain Anda dihargai. (teks:syahid)

Gambar: wpaponline.files.wordpress.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09