× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Peluang Usaha Notebook Custom

Majels Syahid   13 March 2018 11:22

News

Majels.com – Notebook atau buku catatan menjadi kebutuhan bagi banyak orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai karyawan kantor yang memerlukannya untuk mencatat hal-hal yang penting. Notebook mudah ditemukan di mana-mana, seperti di toko fotokopi atau toko buku. Baik ukuran, bentuk maupun jenis kertasnya pun beragam.

Seiring dengan kecenderungan perilaku konsumen yang menurut banyak ahli lebih menyukai barang-barang yang sifatnya custom, notebook pun demikian. Ya, bisnis custom notebook terbilang cukup cerah karena banyak diminati oleh konsumen. Bagi mereka, desain notebook yang menarik dan eksklusif memberikan perasaan senang ketika membukanya.

Meskipun kegiatan mencatat sebenarnya sudah bisa dilakukan di perangkat gadget namun mencatat di buku bagi sebagian orang mampu memberikan kedekatan tersendiri. Dengan desain yang eksklusif tersebut, kedekatan seseorang dengan buku catatannya pun menjadi semakin terjalin.

Dari sisi bisnis, notebook custom bisa dijalani sebagai sebuah bisnis utama atau hanya untuk sampingan, member tambahan penghasilan untuk Anda. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, namun mampu memberikan keuntungan yang lumayan.

Untuk melakukannya, Anda setidaknya harus memiliki tiga kemampuan. Pertama, memahami jenis-jenis kertas yang biasa dipakai untuk notebook, baik kertas isi maupun kertas kover. Hal ini berguna untuk membantu Anda menentukan harga jual kepada pembeli, serta memilih percetakan mana yang tepat untuk Anda.

Kedua soal desain grafis. Dalam bisnis custom, ada dua kemungkinan yaitu customer membuat desainnya sendiri lalu Anda yang mencetak, atau Anda membuatkan desain untuk customer. Keduanya, memerlukan setidak banyak ilmu desain. Bila Anda membuatkan desainnya juga, maka ongkos pembuatannya itu bisa dimasukan ke dalam variabel yang menjadi harga penjualan.

Ketiga soal marketing. Harus diakui bahwa tak semua orang perlu notebook setiap hari dan tak semua orang butuh notebook custom. Ini membuat kita harus bisa memasarkan produk notebook custom ini ke orang-orang yang tepat. Selain dari mulut ke mulut, produk seperti ini sangat efektif bila dipasarkan secara online melalui media sosial.

Bila Anda sudah memiliki itu semua, Anda setidaknya sudah bisa memulai bisnis ini. Lantas bagaimana cara memulainya?

Lakukan riset terlebih dahulu

Bisnis notebook custom bukanlah bisnis yang baru, di luar sana sudah banyak sekali orang yang menawarkannya. Karena itu, kita perlu mempelajari dari mereka, mengetahui kunci suksesnya, serta mencari celah bisnis yang bisa kita garap. Selain itu, riset juga diperlukan guna mengetahui tren desain custom notebook saat ini.

Setelah cukup banyak mendapatkan referensi desain notebook, Anda juga perlu lebih dalam mengenai fitur isi di dalam notebook tersebut. Beberapa notebook biasanya dilengkapi dengan monthly plan, to-do list, grid page, dan contact number. Anda bisa mencari referensi desain untuk ini juga. Selain itu, terkadang pembatas buku menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh konsumen. Pembatas buku pun bisa menjadi daya tarik lainnya dari notebook custom. Pembatas buku bisa diisi dengan gambar sesuai dengan yang ada di kover atau quotes tertentu.

Riset juga diperlukan guna mengetahui percetakan mana yang sesuai dengan criteria Anda. Selain mampu memberikan kualitas yang cukup murah, percetakan juga harus mampu memberikan hasil yang baik. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam menilai percetakan adalah kualitas jilidannya terutama jika jilid lem. Kualitas kertas bisa jadi sama saja, namun kualitas jilidan sangat bergantung pada keterampilan operator atau manusia yang membuatnya.

Perhatikan juga kualitas warna yang setelah dicetak, apakah mengalami penurunan warna atau tidak. Banyak percetakan harganya murah namun kualitas cetakannya sangat buruk sehingga desain yang sudah dibuat dengan susah payah, menjadi jelek setelah dicetak. Ini dikarenakan karena beberapa sebab salah satunya mesin cetaknya itu sendiri.

Mulailah dengan Membuat Harga Jual

Setelah cukup banyak mengetahui jenis-jenis desain notebook custom, percetakan yang bisa Anda ajak kerjasama kemudian lakukanlah perhitungan untuk menentukan harga jual. Untuk mengetahui harga sebuah notebook dari percetakan, Anda bisa mencoba menanyakan langsung ke percetakan atau mencoba mengunjungi situs https://printondemand.co.id. Di situs tersebut, kita bisa mengetahui ongkos yang diperlukan untuk mencetak notebook, lengkap dengan fitur yang bisa mengganti jenis kertas, ukuran dan sebagainya.

Buat Portofolio

Langkah selanjutnya yaitu mulai membuat portofolio notebook. Buatlah beberapa contoh desain custom yang bisa Anda buat. Agar lebih menarik, implementasikan desain tersebut dalam mockup foto yang bisa didapatkan gratis di internet. Penggunaan mockup tersebut agar Anda tak perlu mencetak portofolio.

Dengan membuat portofolio, berarti Anda juga membuat pilihan-pilihan desain untuk konsumen. Bisa saja pilihan itu dibuat sebagai template yang mana pelanggan tinggal memilih template lalu diberikan sedikit sentuhan tambahan seperti nama dan sebagainya. Cara ini lebih menghemat banyak waktu nantinya.

Mulai Tawarkan di Media Sosial

Tampilkan portofolio yang sudah Anda buat di media sosial. Saat ini, media sosial yang paling efektif untuk produk notebook custom seperti ini adalah Instagram. Di media sosial ini kita bisa membuat galeri portofolio notebook custom, baik yang sudah pernah dicetak maupun yang masih dalam bentuk mockup.

Gambar: thepicta.com

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09