web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Pentingnya Memiliki Kebiasaan Membaca Bagi Pengusaha

Majels Syahid   10 July 2018 15:51

News

Majels.com – Membaca merupakan salah satu upaya bagi manusia untuk menambah pengetahuan atau wawasannya tentang hal-hal yang belum ia ketahui. Membaca merupakan salah satu ciri-ciri orang sukses. Salah satu pebisnis sukses yang terkenal dengan kebiasaan membacanya adalah Bill Gates. Orang terkaya di dunia ini bahkan memiliki sebuah blog pribadi yang banyak membahas buku-buku yang ia baca.

Bill Gates pernah berkata dalam sebuah wawancara bahwa meskipun ia sekarang bisa berkeliling ke bebagai tempat, bertemu para ahli atau ilmuwan, namun membaca masih menjadi caranya untuk mempelajari hal-hal baru dan menguji pemahamannya. Di sini, sangat jelas bahwa meskipun Bill Gates merupakan seorang pendiri perusahaan teknologi, yang dengannya dia mengakses ilmu pengetahuan apapun di internet, masih membaca buku bahkan mengutamakan buku sebagai sumber referensinya.

Lalu, apakah itu berarti sebagai seorang penguasaha kita patut meniru kebiasaan Bill Gates tersebut? Tentu saja. Berikut beberapa alasan mengapa sebagai seorang pengusaha kamu wajib memiliki kebiasaan membaca.

Membaca Membuat Kamu Punya Banyak Ilmu

Sangat jelas bila membaca merupakan salah satu cara terbaik untuk menambah pengetahuan. Meskipun ebook gratis, podcast dan video tutorial bisa dengan mudah ditemukan, namun buku masih menjadi sumber referensi utama yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan. Memiliki cukup banyak pengetahuan sangat berguna bagi seorang pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya. Kebiasaan membaca buku secara tidak langsung juga mendorong keterampilan orang dalam mencari informasi yang benar.

Kamu bisa mencoba membaca buku-buku yang ada kaitannya dengan produk kamu terlebih dahulu. Kemudian mulai membaca buku-buku yang berkaitan dengan marketing, branding, pembukuan keuangan dan kemampuan-kemampuan manajerial. Itu semua sangat penting untuk terus meningkatkan “nilai“ pada diri kamu sendiri.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Menganalisa

Kebiasaan membaca membentuk cara berpikir seseorang dan membantunya dalam melakukan kegiatan analisa. Dengan membaca, otak manusia akan dilatih untuk bisa berpikir kritis dengan adanya masalah-masalah yang tersaji dalam buku yang kita baca. Dalam dunia usaha, kemampuan ini sangat penting dibutuhkan bagi para pemilik usaha untuk menghadapi tantangan yang muncul setiap harinya. Bila kamu merasa masih sukar dalam hal menganalisa masalah, cobalah untuk lebih membaca buku.

Sesekali bacalah buku-buku biografi yang mengangkat kisah perjalanan seseorang, dari yang buka siapa-siapa sampai menjadi orang besar yang disegani. Ada banyak lika liku kehidupan yang bisa kamu ambil pelajarannya dari sana. Kamu pun akhirnya bisa belajar dari kegagalan-kegagalan orang lain.

Baca juga:

Mendorong Karakter yang Lebih Visioner

Kebiasaan membaca juga sering disebut mampu menjadikan seseorang lebih visioner dalam arti memiliki pandangan-pandangan yang lebih maju. Ini didorong oleh pengetahuan-pengetahuan yang ia sudah serap dari berbagai literatur sehingga ia bisa membandingkan dan menggabungkan pengetahuan yang sudah dibaca itu menjadi sebuah visi. Orang yang tidak memiliki tujuan dalam hidupnya umumnya adalah orang-orang yang malas membaca.

Hal-hal di atas adalah salah satu dari sekian banyak nilai positif yang bisa kamu dapatkan, terutama bila kamu seorang pebisnis. Percayalah bahwa orang-orang besar tidak meraih kesukesaanya dalam semalam, mereka telah menginvestasikan waktu, tenaga dan materinya untuk memperkaya dirinya dengan ilmu, termasuk dengan membaca buku. (teks:syahid)

Gambar: Unplash

 

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54