web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Industry

Percepat Perkembangan Industri, Menperin Resmikan Koperasi Industri Tanah Air

Majels Yani   17 July 2017 16:51

News

majels.com - Di tanah air, koperasi berperan sebagai inkubator pembinaan usaha. Sebab, Koperasi bergerak dalam jasa wirausaha yang fokus utamanya lebih kepada peningkatan sumber daya manusia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meresmikan Koperasi Industri Tananh Air (KITA) di Kementerian Perindustrian, Jakarta ,Senin (17/7/2017). Koperasi ini diharapkan dapat mempercepat perkembangan industri, terutama industri kecil dan menengah (IKM)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta adanya kerjasama dan partisipasi para akademisi dan masyarakat yang tergabung dalam organisasi profesi serta perguruan tinggi, perusahaan, maupun lembaga swasta lainnya dalam mengembangkan industri IKM.

"Melibatkan juga perguruan tinggi yang ada prodi teknik industri," katanya usai peresmian.

Di samping itu, tambah Airlangga, Kementerian Perindustrian bersama kementerian koperasi mendukung penuh kehadiran KITA. ia juga mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat inklusif dan juga yang bersifat pemerataan.

"Kalau ditandatangani di sini tentu saja ada dukungan kementerian perindustrian, selain kementerian perindustrian juga ada dukungan dari Kementerian Koperasi dengan kehadiran Sekjen Koperasi," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan menuturkan, KITA dibentuk sebagai antisipasi perubahan model bisnis seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan adanya tuntutan industri ramah lingkungan

"Untuk itu, dibutuhkan satu lembaga, seperti koperasi yang bisa mengantisipasi perubahan tersebut. Kami ingin membuat koperasi yang berbeda dari umumnya," katanya.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram mengatakan, pihaknya akan mendampingi dan mengarahkan KITA supaya menjadi suatu koperasi yang aktif dan menjadi wadah IKM agar memiliki bargaining position di pasar.

Beberapa program Kemenkop UKM yang ditujukan untuk koperasi, antara lain program pelatihan SDM, pinjaman dengan suku bunga 8% per tahun dengan plafon hingga Rp10 miliar, dan bantuan pemasaran melalui pameran.

Terkait proyek yang akan dikerjakan KITA, di antaranya Desa Bersepeda, Desa Industri Pertanian/Agro Industri, Desa Industri Komponen, Desa Berteknologi, Industri Hasil Laut, Pendidikan dan Pelatihan Wirausaha, dan Jasa Data dan Informasi Berteknologi Maju.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Ketua BKTI, Ir. Indracahya Kusumasubrata, Sekretaris Kemenkop dan UKM, Agus Muharram, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan, serta Persatuan Insinyur Indonesia dan juga Mahasiswa Teknik Industri. (yani)

Sumber gambar: https://twitter.com/KemenkopUKM/

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Keuntungan Bisnis Barang Impor
Syahid
20 February 2018 15:22
Majels
News
Tertarik Investasi di Reksadana? Simak Jenis-Jenis Reksadana Berikut Ini
Syahid
20 February 2018 09:47
Majels
News
3 Buku Ini Layak Anda Jadikan Panduan Membuka Startup
Syahid
19 February 2018 10:55
Majels
News
Mengenal Custom Product, Bisnis Potensial Untuk Generasi Zaman Now
Syahid
15 February 2018 17:50
Majels
News
Panduan Bisnis Pulsa Semua Operator
Syahid
15 February 2018 13:20