× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Event

Peringatan Harkopnas ke-70 Diwarnai Nuansa Budaya yang Melibatkan UKM

Majels Yani   10 July 2017 09:47

News

majels.com - Peringatan ke-70 Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) tingkat Provinsi Jawa Tengah sukses digelar. Acaa yang bertajuk Grebeg Koperasi,  ini digelar selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 7–9 Juli 2017,  di Lapangan Simpanglima Semarang.

Berbeda dari dengan tahun-tahun sebelumnya, Grebeg Koperasi diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari upacara peringatan Hari Koperasi, gebyar pesona usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pameran produk koperasi, UMKM dan micro finance, hingga arak-arakan atau kirab Grebeg Koperasi.

Peringatan Harkopnas kali ini diwarnai dengan nuansa budaya yang sangat kental. Aneka atraksi kesenian dan budaya khas Jawa Tengah ditampilkan pada acara tersebut, mulai dari aneka kesenian, gamelan, kerajinan tangan, tarian dari seluruh kabupaten kota se-Jawa Tengah dilibatkan kirab maupun rangkaian acara Harkopnas. Aneka produk khas maupun hasil bumi dari berbagai daerah pun dirangkai dalam gunungan yang diarak dan dinikmati secara gratis oleh masyarakat serta pengunjung.

Suguhan atraksi yang kental akan budaya lokal ini mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) Republik Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Jawa Tengah, serta ribuan tamu undangan yang hadir.

"Saya bangga dan apresiasi atas gelaran acara Harkopnas yang dipadukan dengan aneka atraksi budaya khas daerah Jawa Tengah. Ini luar biasa," tutur Puspayoga, Minggu (9/7) di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Diakui Puspayoga, penyelenggaraan peringatan Harkopnas di Kota Semarang ini merupakan kali pertama acara yang diramu kental dengan nuansa budaya.

“Karena dalam pengembangan produk koperasi dan UKM tak dapat dilepaskan pula dari seni budaya khas daerah. Oleh karenanya, jika seni budaya dijaga tetap hidup maka produk UKM pun akan semakin terangkat,” ujarnya.

Penyelenggaraan Grebeg Koperasi sekaligus menjadi representasi ruh koperasi yakni kegotogroyongan dari, oleh, dan untuk rakyat. Terkait pengembangan koperasi dan UKM, Puspayoga berharap agar komitmen para kepala daerah, khususnya di Jateng, dalam mengembangkan koperasi dan UKM dapat terus ditingkatkan..

"Karena, saat ini kita akan lebih menonjolkan pengembangan kualitas koperasi ketimbang kuantitas. Dari 152 ribu koperasi, setengahnya tidak sehat dan akan terus dibina agar menjadi sehat. Yang tidak bisa disehatkan akan kita tutup, berdasarkan rekomendasi dari daerah. Sejak program Reformasi Total Koperasi kita gulirkan, sekitar 43 ribu kita bubarkan melalui SK Menteri Koperasi dan UKM," pungkasnya. (yani)

Sumber gambar: http://jateng.tribunnews.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
Industry
Bekraf dan Kadin Dukung Strart-Up Lokal melalui Program Karya Merah Putih
Yani
25 July 2017 13:43
Majels
Industry
Pemerintah Fokus Kembangkan Kendaraan Hemat Energi
Yani
25 July 2017 13:12
Majels
Business
4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Bisnismu Gagal
Yani
25 July 2017 10:33
Majels
Economic
UMKM Terus Didorong untuk Naik Kelas
Yani
25 July 2017 09:13
Majels
Business
CCI Rewards Launching Hotel Reservasi Online Khusus Member
Choen
24 July 2017 15:09