web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Potensi Bisnis Di Kawasan Wisata

Majels Syahid   30 April 2018 10:53

News

Majels.com – Industri pariwisata merupakan salah satu sektor industri yang berperan cukup besar bagi penerimaan devisa negara. Selain menyumbang devisa, industri pariwisata juga mampu menyerap tenaga kerja dan pelaku usaha yang terkait dengannya.

Dikutip dari eMajels Edisi Januari 2018, besarnya peran pariwisata, bahkan diklaim mampu menjadi penghasil devisa terbesar dengan nilai USD24 milliar, mengalahkan sektor migas, batu bara, dan minyak kelapa sawit.

Beruntungnya, Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam yang banyak digemari sebagai tujuan wisata. Selain itu, negara kita juga memiliki sejumlah bangunan berserjarah seperti Candi Borobudur yang menarik wisatawan baik di dalam maupun di luar negeri.

Sementara itu, tempat-tempat pariwisata menyimpan potensi bisnis yang beragam yang bisa kita manfaatkan. Apabila Anda berniat untuk membuka usaha di tempat wisata, ada baiknya Anda menyimak beberapa peluang bisnis berikut ini.

Bisnis Tour Guide

Untuk Anda yang mempunyai keterampilan berbahasa asing, bisa mencoba peluang usaha menjadi penerjemah untuk wisatawan dari luar negeri. Keberadaan profesi ini sangat dibutuhkan bagi wisatawan yang datang dari mancanegara.

Tidak hanya bahasa Inggris, bagi Anda yang mempunyai keterampilan dalam bahasa lain seperti bahasa Mandarin pun bisa mencoba peruntungan mengingat wisatawan dari negara-negara berbahasa Mandarin juga cukup tinggi.

Untuk menjajalankan bisnis ini, ada baiknya bila Anda juga mempelajari seluk beluk daerah wisata yang ingin Anda garap sebagai lahan bisnis. Misalnya Anda mau fokus untuk memandu wisatawan luar negeri yang ke Borobudur, maka Anda pun harus memahami seluk belum Candi Borobudur.

Bisnis Penginapan

Bisnis penginapan menjadi bisnis yang sangat dicari bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Untuk bisnis ini tak melulu soal hotel kelas melati atau hotel mewah. Rumah pribadi pun sekarang bisa menjadi lahan bisnis bila itu berada di lokasi yang dekat dengan daerah wisata.

Anda bisa memulainya dengan membuat blog atau website yang berisikan informasi tentang luas, fasilitas, lokasi dan jarak dengan tempat wisata di sana. Selain itu, Anda bisa mendaftar di website marketplace untuk sewa penginapan seperti Airbnb. Di website tersebut, orang-orang dari seluruh dunia bisa melihat rumah yang Anda sewakan dengan mudah.

Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Oleh-oleh menjadi potensi bisnis lain yang bisa digarap dari sektor pariwisata. Oleh-oleh tersebut dapat berupa aneka makanan tradisional, kerajinan tangan, kaos bertema ikon daerah atau aneka cindermata lainnya.

Dalam bisnis ini, ada dua opsi yang dipilih. Anda bertindak sebagai produsen, atau membuka toko yang menjual oleh-oleh dari beragam UKM di daerah tersebut. Potensi bisnis oleh-oleh khas daerah wisata ini menarik untuk dijalani karena itu sudah seperti kebutuhan bagi wisatawan.

Bisnis Sewa Kendaraan

Sewa Kendaraan menjadi bisnis yang cukup menggiurkan untuk dijalani. Keberadaan sarana transportasi dibutuhkan wisatawan untuk berpindah-pindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata yang lainnya. Mobil pribadi atau motor bisa Anda tawarkan kepada wisatawan dengan tariff tertentu.

Sama seperti halnya pada bisnis sewa penginapan, bisnis ini cukup efektif bila dipromosikan melalui internet. Selain itu, Anda pun bisa bekerjasama dengan pihak hotel yang dapat membantu wisatawan yang datang ke hotelnya mencari kendaraan. (teks:syahid)

Gambar: telegraph.co.uk

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09