× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Punya Toko Online? Kenali dari Mana Saja Pengunjung Anda Datang!

Majels Syahid   19 April 2018 13:41

News

Majels.com –Internet memang sebuah pasar yang besar di mana orang-orang dari seluruh dunia berkumpul di sana. Namun, internet tidak sama dengan pasar yang kita lihat di dunia nyata. Orang-orang di internet memang banyak, namun mereka hanya melakukan aktivitas seperti membaca, menonton video, mencari produk yang mereka sukai saja.

Berbeda dengan bila Anda membuka toko di sebuah pasar, semua orang yang datang ke sana kemungkinan besar akan melewati toko Anda. Bila mereka tertarik, mereka akan berhenti dan menghampiri toko Anda. Untuk itu, Anda membuat toko di lokasi yang strategis, menambahkan papan nama dan pernak pernik untuk menarik perhatian pengunjung.

Sementara itu, bila Anda membuka sebuah toko online itu tidak serta merta membuat orang datang ke sana. Ada jutaan orang tiap hari mengakses website, tetapi itu tidak berarti akan melewati toko online dan beberapa diantaranya berhenti untuk melihat toko Anda.  Karena itu,  Anda perlu memikirkan bagaimana caranya agar orang mau mengunjungi website Anda. Dengan kata lain, Anda perlu memahami apa saja jalan yang memungkinkan orang masuk ke web toko online.

Secara umum ada beberapa jalan yang bisa membuat pengunjung datang ke website Anda atau yang disebut sebagai source traffic. Berikut merupakan jenis-jenis source traffic yang patut Anda ketahui.

Direct Traffic

Bila Anda membuka facebook dengan mengetikkan www.facebook.com pada address bar di browser, itu berarti Anda memberikan direct traffic kepada Facebook. Direct traffic dapat dipahami sebagai sumber traffic website yang berasal dari orang-orang yang langsung mengetikkan website Anda di browser.

Untuk sumber traffic website yang semacam ini hanya dimungkinkan bila brand produk Anda atau domain website sudah sangat familiar di mata konsumen. Karena itulah, meskipun digital marketing dianggap sebagai saranan efektif untuk memasarkan produk, namun perusahaan-perusahaan masih membutuhkan media iklan seperti banner untuk membangun brand mereka.

Membuat nama domain yang singkat, mudah dingat dan unik merupakan sedikit tips untuk mendapatkan sumber pengunjung dari jenis direct traffic. Selain itu, lakukan juga upaya-upaya untuk mengenalkan domain Anda di dunia nyata seperti membuat kartu nama, poster dan sebagainya. 

Search Traffic

Seacrh Traffic merupakan jenis traffic website yang berasal dari aktivitas browsing di search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing. Misalnya, seseorang sedang mencari Iphone 5s, seketika ia mengetikkan “Jual Iphone 5s” di Google. Lalu, Ia menemukan daftar website-webiste yang menawarkan Iphone 5s dari hasil pencarian tersebut. Ketika toko online Anda ada di daftar tersebut dan pengunjung kemudian masuk ke website Anda, itu dimanakan sebagaio Search Traffic.

Jenis traffic website yang satu ini dianggap memiliki pengaruh yang paling besar dalam kesuksesan sebuah website. Itu karena secara umum, orang akan mencari segala sesuatu yang mereka inginkan di mesin pencari seperti Google. Sementara itu, search traffic memiliki dua jenis yaitu:

Organic traffic: yaitu sumber traffic website yang berasal dari aktivitas pencarian di mesin pencari

Paid traffic: sumber traffic yang berasal dari program iklan di mesin pencari seperti Google Adwords.  

Jenis traffic organik sangat dianjurkan untuk dilakukan optimasi dengan teknik Seacrh Engine Optimalization (SEO) karena gratis dan dampaknya yang bagus. Cara-cara yang ditempuh memang tidaklah instan tetapi bila berhasil, itu akan memberikan dampak positif yang panjang.

Refferal Traffic

Referral Traffic merupakan kunjungan website yang berasal dari backlink yang ada di situs lain. Misalnya, Anda sedang mengunjungi website www.kompas.com. Di website tersebut Anda melihat, link website www.kompasiana.com, lalu Anda mengklik link tersebut lalu akhirnya membaca artikel-artiekl di sana. Sumber traffic web tersebut yang dinamakan sebagai referral traffic.

Social Media

Social media memberikan sumbangan yang cukup signifikan bagi kunjungan sebuah website. Aktivitas pengguna internet banyak dilakukan di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Besar kecilnya pengaruh media sosial bagi website sangat bergantung pada seberapa besar pengikut Anda di media sosial.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda bisa mencoba iklan berbayar yang khusus untuk mengarahkan pengguna ke website toko online Anda.

Traffic Lainya

Secara umum, keempat sumber kunjungan itulah yang paling berpengaruh bagi ramainya sebuah website. Namun, ada beberapa sumber kunjungan lain yang tidak kalah potensial seperti email. Ya, email juga salah satu source traffic website yang cukup berpengaruh.

Caranya dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya email konsumen Anda lalu gunakan itu sebagai salah satu cara mempromosikan produk terbaru.

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09